Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Komisi II, DPR RI akan Tinjau Wilayah Kutai Utara

Komisi II, DPR RI akan Tinjau Wilayah Kutai Utara

(489 Views) Januari 4, 2016 1:11 pm | Published by | No comment

Sangatta. Proses pemekaran Kabupaten Kutai Utara (Kutara) seakan berlari kencang. Pasalnya sejak diparipurnakan di tingkat DPRD Kaltim, awal Desember 2015 lalu, usulan pemekaran ini langsung diserahkan ke DPR RI. Bahkan rencananya, Rabu (6/1) besok, rombongan Komisi II DPRD RI dan beberapa anggora DPD RI asal Kaltim akan melakukan peninjauan ke lokasi pemekaran.

Assisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Mugeni, siang tadi, mengatakan bahwa rombongan komisi II yang melingkupi tugas dalam negeri, sekretariat negara dan Pemilu ini nantinya terlebih dahulu akan mendengarkan paparan seputar persiapan pemekaran Kabupaten Kutara dari Bupati Kutai Timur. Kemudian, akan dilajutkan kunjungan ke lapangan, yang dimulai ke Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Telen dan dilanjutkan ke Kecamatan Batu Ampar, Muara Bengkal dan Muara Ancalong.

Lanjut Mugeni yang juga Ketua Forum Benteng Mawakal, kedatangan rombongan Komisi II ini rencananya berjumlah tiga orang, yakni Hetifah, M Idris dan Hadi Mulyadi. Rombongan ini akan meninjau kecamatan-kecamatan yang akan dimekarkan menjadi Kabupaten Kutai Utara, termasuk menilai persiapan dan pernyaratan pemekaran, serta termasuk persiapan pembangunan kantor sementara.

voice

Sementara itu, Ketua Komite Pemekaran Kabupaten (KPK) Kutai Utara Majedy Effendi, membenarkan adanya rencana peninjauan tim Komisi II DPR RI ke Sangatta dan kecamatan-kecematan yang akan dimekarkan menjadi Kabupaten Kutai Utara, Rabu (6/1) besok. Dikatakan, kunjungan ini merupakan respon dari pengajuan surat persetujuan Gubernur Kaltim pada 17 Desember 2015 lalu terkait pemekaran Kabupaten Kutai Utara. Bakhan surat tersebut langsung diserahkan ke Komisi II DPR RI pada 18 Desember 2015, sebelum anggota DPR RI ini reses. Sementara pemekaran Kabupaten Kutara ini masih merujuk pada PP 78 tahun 2007 tentang Pemekaran dan Penggabungan Daerah.

voice

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments