Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KOMISI PENANGGULANGAN AIDS GELAR RAPAT KHUSUS PENCEGAHAN HIV-AIDS

KOMISI PENANGGULANGAN AIDS GELAR RAPAT KHUSUS PENCEGAHAN HIV-AIDS

(506 Views) November 16, 2015 7:23 am | Published by | No comment

SANGATTA- Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Kutai Timur menggelar Rapat Laporan Khusus Perkembangan Kasus HIV kuartal 3 yang dilaksanakan di ruang Arau Kantor Bupati Kutai Timur, acara dihadairi Bupati Kutai Timur Ardisyansyah Sulaiman, Asisten Kesejahteraan Rakyat Mugeni, Direktur RSUD Kudungga, Camat dari 4 kecamatan yang terdata memiliki pasien HIV AIDS Camat Sangatta Utara, Camat Sangatta Selatan, Camat Kongbeng dan Camat Wahau, Perwakilan dari Puskesmas, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait. Rapat dipimpin oleh Bupati sampai dengan selesai.

Perkembangan HIV AIDS meningkat di Kabupaten Kutai Timur, jumlah Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) tahun 2010 sampai dengan September 2015 ada 216 orang dengan 120 orang stadium HIV, 59 orang AIDS dan yang sudah meninggal 37 orang. Dua kecamatan yang memiliki angka terbesar penderita HIV AIDS adalah di Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Wahau dengan mayoritas penderita perempuan. Data KPA tahun 2010 sampai dengan september 2015, sudah 10 orang anak ditemukan menderita HIV AIDS. Sampai saat ini masih belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan HIV AIDS, yang bisa dilakukan hanya menekan pertumbuhan virusnya.

Menurut Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, Rapat hari ini sangat penting karena terkait dengan laporan perkembangan HIV-AIDS yang dalam waktu singkat sangat membahayakan dan yang lebih membahayakan kasus HIV-AIDS dalam status perkawinan, kita harus menyelamatkan anaknya dari penularan HIV-AIDS melalui kelahiran.

voice

Data tahun 2015, kasus meningkat di Sangatta Utara 12 Orang dan Muara Wahau 19 Orang dengan profesi terbanyak di Sangatta Utara adalah ibu rumah tangga dan profesi terbanyak di Muara Wahau Pekerja Sesk Komersial. Dari Jenis kelamin sebanyak 20 orang perempuan dan 12 orang laki-laki, dengan kisaran usia terbanyak pengidap usia 20-40 tahun, dari status pernikahan menikah sebanyak 23 orang dan belum menikah 8 orang dan 2 orang anak ditemukan di Sangatta Utara dan Muara Wahau.

Dalam Rapat ini dibahas penanggulangan untuk pencegahan penularan HIV-AIDS terutama pada ibu hamil agar tidak menularkan kepada bayinya, pembahasan anggaran untuk penanggulangan dan pengobatan penyakit HIV-AIDS, dan langkah-langkah yang harus diambil setiap instansi terkait dengan masalah ini. khs

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments