Menu Click to open Menus
Home » Acara » Komisioner KPU Kutim : Kotak Suara Sudah Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang

Komisioner KPU Kutim : Kotak Suara Sudah Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang

(90 Views) Desember 18, 2018 5:26 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Hadir dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019, di Ruang Arau Kantor Bupati Kutai Timur, Selasa 18 Desember, Komisioner KPU Kutai Timur, Ulfa Jamiatul Farida menyampaikan, bahwa kotak suara yang digunakan pada Pemilu tahun depan, sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang.

Ulfa menyayangkan pembahasan “Suara dalam kardus”, karena sebenarnya bahan kotak suara tersebut sudah dibahas, dalam rapat dengar pendapat di DPR dengan seluruh stakeholder, dan saat itu tidak ada komplen apapun, artinya seluruhnya setuju, namun entah mengapa justru malah ramai di media sosial setelahnya.

Sambil menunjukkan contoh kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu mendatang. Ulfa menjelaskan, Pada amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, Pasal 341 ayat 1 menyebutkan, secara prinsip kotak suara harus transparan, dilanjutkan pada ayat 3, yakni tindak lanjut ayat 1, sepenuhnya diserahkan kepada KPU untuk mengaturnya.

Untuk bahan kotak suara sendiri, sebarnya bukan kardus seperti yang isu yang beredar, namun terbuat dari bahan duplex yang memang kedap air, jadi masyarakat diminta untuk tidak khawatir.

Kapolres Kutai Timur, AKBP. Teddy Ristiawan yang hadir dalam rapat tersebut, menyarankan agar KPU Kutai Timur, untuk membuat sosialisasi ke masyarakat melalui video atau media lain, yang dapat disebarkan ke media sosial agar masyarakat memahaminya.

Meski sudah ada klarifikasi dari KPU Pusat, mengenai isu kardus tersebut, namun menurut Teddy, lebih baik KPU Kutai Timur juga melakukan hal yang sama, untuk meredam berita yang tidak benar mengenai kotak suara tersebut.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Komisioner KPU Kutim : Kotak Suara Sudah Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.