Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KONFLIK ADAT SERING AKIBATKAN PELANGGARAN HAM

KONFLIK ADAT SERING AKIBATKAN PELANGGARAN HAM

(6545 Views) Mei 24, 2016 7:05 am | Published by | No comment

SANGATTA – Berbagai macam pelanggaran Hak Asasi Manusia sering terjadi. diantaranya pelanggaran HAM yang disebabkan oleh konfik adat. Dengan beragamnya masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Kutai Timur baik suku, budaya dan agama dapat menimbulkan kerentaranan terhadap konfik adat. Konflik adat merupakan terjadinya  permasalahan dan perbedaan antara dua pihak atau lebih yang mencuat ke publik yang mengakibatkan permusuhan antara adat.

Berbagai konflik adat yang terjadi sering menimbulkan berbagai macam pelanggaran HAM. Dalam berbagi konfik adat cara-cara penyelesaian dapat dilakukan dengan hukum Negara atau hukum adat diantaranya dengan cara mediasi, menyelesaikan sendiri, menyerahkan ke pihak yang berwenang untuk melaksanakan keputusan, dapat berupa upacara adat ataupun sanksi yang dijatuhkan baik berupa uang, benda mati, binatang dan lain-lain. Penyelesaian konflik adat dengan hukum adat tersebut masih diakui oleh Negara sepanjang peraturan tersebut masih sesuai dengan prinsip negara.

Dalam Pasal 18 b Undang-Undang Dasar 1945, Negara menyakini dan menghormati kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisional sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara kesatuan.

Menurut Eka Juraidah, SH, MH dari kantor wilayah kementerian hukum dan HAM Kalimantan Timur yang menjadi nara sumber dalam sosialisasi HAM di ruang Arau kantor Bupati Kutai Timur pagi tadi (24/5) mengatakan, didalam HAM tidak hanya terkandung hak namun juga terkandung kewajiban. Di Indonesia penuh dengan berbagai etnik dan adat istiadat, dalam kehidupan bermasyarakat HAM memiliki keterlibatan terhadap adat. Dengan menghormati adat dapat menghindarkan konflik adat yang dapat mengakibatkan pelanggaran-pelanggaran HAM.

Lebih lanjut Juraidah mengatakan, pemahan terhadap HAM harus dimiliki setiap induvidu baik pemerintah maupun masyarakat, terlebih kepada SKDP yang memiliki keterlibatan langsung ke masyarakat seperti Satpol PP dan Kesbangpol.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments