Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Konpensasi Perusahaan Cuman Berikan Dua Dos Air

Konpensasi Perusahaan Cuman Berikan Dua Dos Air

(4077 Views) Oktober 8, 2015 6:53 am | Published by | 335 Comments

SANGATTA– Limbah pabrik sawit PT Sawit Sukses Sejahtrah (SSS) mencemari anak Sungai Senyiur di Desa Senyiur Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur (Kutim) beberapa waktu lalu,  yang mengakibatkan, air sungai yang biasanya untuk keperluan warga sehari-hari sudah tidak dapat lagi digunakan.

Yang diduga kuat, pencemaran terjadi akibat jebolnya tanggul limbah sawit perusahaan tersebut, yang mana sebelumnya masyarakat menuntut perusahaan untuk bertanggungjawab.

Menurutnya, persoalan pencemaran sungai seharusnya menjadi perhatian serius pihak perusahaan, karena warga sangat bergantung pada anak sungai tersebut. Khususnya pada musim kemarau saat sekarang ini.

”Perusahaan seharusnya serius. Jangan dibiarkan saja! Ini musim kemarau, warga hanya mengandalkan air sungai itu, kalau sudah tercemar begini mereka mau cari air dimana lagi? Itu yang harus dipikirkan!,” katanya.

Sementara itu, PT Sawit Sukses Sejahtera (Tripel S) sangat tidak wajar, kompensasi yang diberikan hanya membagikan air mineral dalam kemasan gelas sebanyak dua dus per rumah. Hal itu pun tentunya tidak dapat diterima oleh warga yang menggantungkan hidupnya dari air anak sungai tersebut.“Kami tidak bisa terima, masa kami cuma diberikan aqua gelas dua dus, inikan tidak wajar,” ujar Abdul Malik, Rabu (7/10).

Ia mengatakan bukannya warga tidak bersyukur atas kompensasi yang diberikan perusahaan, namun hal itu sangat dianggap tidak wajar, dua dus aqua gelas yang diberikan pun tidak cukup, apalagi setiap rumah di Senyiur dihuni sampai dua  bahkan lebih kepala keluarga,”Ya mana cukup, satu rumah cuma dikasi dua dus, sementara isinya ada yang 6 sampai sampai 8 orang satu rumah. Ini jelas tidak wajar, itu pun diberikan 3 kali sehari,” katanya.

Ia pun menuntut  agar kompensasi yang dijanjikan oleh managemen Tripel S minggu lalu berupa penyediaan air bersih, tandon penampungan air, mesin pompa air berikut selangnya dan  menyiapkan tenaga kesehatan untuk warga sekitar dapat direalisasikan secepatnya,”Kami minta janjinya segera dipenuhi,” ujarnya

Sementara itu, GM Tripel S perwakilan Samarinda Rizal mengatakan pihaknya sudah memberikan kompensasi dengan mendistribusikan air mineral ke warga, sementara permintaan masyarakat yang lainnya seperti penyediaan air bersih untuk kegiatan mandi Cuci Kakus (MCK) masih akan di koordinasikan dengan manajemen Tripel S di Muara Ancalong,”Kalau air minum aqua gelas sudah kami kirim dari Samarinda, itu ada tiga truk. Tapi kalau masalah lainnya nanti saya kordinasikan dulu dengan teman-teman di sana. Yang jelas nanti saya informasikan lagi perkembangannya,” katanya (ek1014).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

335 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments