Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Konsultasi Publik RKPD Dan Forum Gabungan SKPD Wadah Penjaringan Ide Dari Masyarakat dan Merupakan Ruang Komunikasi Terhadap Isu-Isu dan Target Pembangunan

Konsultasi Publik RKPD Dan Forum Gabungan SKPD Wadah Penjaringan Ide Dari Masyarakat dan Merupakan Ruang Komunikasi Terhadap Isu-Isu dan Target Pembangunan

(779 Views) Maret 16, 2016 12:59 am | Published by | No comment

Sangatta – Perencanaan pembangunan daerah tahunan didahalui dengan beberapa tahapan antara lain Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten. Sebagai dasar penyusunan RKPD Tahunan yang merupakan penjabaran dari RPJMD 2016-2020. RKPD tahun 2017merupakan dokumen daerah tahunan guna menjabar Visi dan Misi Kepala Daerah serta sebagai acuan dalam penyusunan Renja SKPD.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kutai Timur menyelenggarakan Konsultasi Publik Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kutai Timur 2016 pada hari selesa (15/3/16) siang kemarin di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Kutai Timur Ismunandar, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, Wakil Ketua DPRD Hj.Ence U.R Firgasi, dan anggota DPRD lainnya, Asisten Administrasi Umum Edward Azran, Kepala-Kepala SKPD/Badan, 18 Camat di Kabuten Kutai Timur, Perguruan Tinggi/Akademisi dan Pimpinan Perusahaan Swasta serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporan Sekretaris Bappeda Kutai Timur Arjohansyah, sebagaimana yang telah diamantkan dalam Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional, UU no.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan, Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, dan Peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 tentang Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah bahwa perlunya dilaksanakan Konsultasi Publik RKPD dan Forum Gabungan SPKP.

Arjohansyah mengungkapakan Konsultasi Publik tersebut sebagai penjaringan ide, pemikiran, pandangan dan masukan dari seluruh stakeholder yang merupakan ruang komunikasi terhadap isu-isu dan target pembangunan, disamping itu Forum Konsultasi Publik merupakan rangkaian dari proses perencangan pembangunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) khususnya Kabupaten Kutai Timur 2017. Sedangkan Forum Gabungan SKPD dikatakan Wada bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan yang harus mmperhatikan masukan kegiatan dari kecamatan, kinerja pelaksana dari SKPD tahun berjalan sehingga rancangan awal rencana kerja pembangunan daerah Kabupaten Kutai Timur menjadi rencana strategis Renstra dari SKPD.

Voice (Arjohansyah)

Lebih jauh Arjohansyah memaparkan tujuan Konsultasi Publik RKD tahun 2017 tersebut untuk mendapatkan masukan gagasan pikiran dan pandangan dari sudut pandang Publik terhadap prioritas sasaran pembangunan pada tahun 2017. Kedua meningkatkan transparansi proses perencanaan dan akuntabilitas dokumen perencanaan untuk tahun 2017.

Sedangakan Forum Gabungan SKPD bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Desa dan hasil Musrenbang Kecamatan sehingga menjadi rancangan Renja masing-masing SKPD. Kedua menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan dalam renja pembangunan SKPD tahun 2017. Tiga menyusun rencana kerja SKPD tahun 2017 dengan mengacu pada dokumen rancangan awal RKPD Kabupaten Kutai Timur tahun 2017.

Adapun tema RKPD Tahun 2017 yang dicanangkan Bappeda Kutai Timur dikatakan Arjohansyah yakni Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Revitalisasi Pertanian dan Penyediaan Infrastruktur Perdesaan

Kegiatan Konsultasi Publik RKPD 2017 dan Forum Gabungan SKPD dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada hari selasa 15-16 Maret 2015 bertempat di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi yang diikuti oleh seluruh SKPD dan jajarannya, seluruh Camat di 18 Kecamtan di Kabupaten Kutai Timur, Seluruh Kepala Desa, Para Akademisi, Anggota DPRD, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perusahaan dan tamu undangan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments