Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kotak Amal Masjid Agung Sangatta Dibongkar Maling, Uang Ratusan Ribu Raib

Kotak Amal Masjid Agung Sangatta Dibongkar Maling, Uang Ratusan Ribu Raib

(561 Views) Juli 15, 2016 12:41 am | Published by | No comment

Sangatta. Kamis (14/7) pagi sekitar pukul 10.00 wita, sejumlah pengurus dan jamaah yang berada di Masjid Agung Al-Faroek kawasan perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, dihebohkan dengan terbongkarnya salah satu kotak amal masjid. Kotak amal yang berada tepat dihadapan pintu utama utara Masjid Agung, pertama kali diketahui terbongkar oleh salah seorang pegawai kantor Bupati Kutim usai melaksanakan sholat duha.

Melihat posisi kotak amal yang tertutup namun dengan kondisi gembok kotak yang telah patah, pegawai yang tidak diketahui namanya tersebut langsung melapor kepada salah seorang takmir masjid bernama Ibrahim, yang biasanya berjualan minyak wangi dan perlengkapan sholat tepat di depan pintu utara Masjid. Kemudian kejadian ini langsung dilaporkan kepada pengurus dan petugas keamanan yang ada berada di Masjid Agung, tersebut. Demikian diungkapkan Sekretaris Pengelola Masjid Agung Al-Faroek Bukit Pelangi Sangatta, Bahri.

Diungkapkan Bahri, saat dilihat ke dalam kotak amal tersebut yang tersisa hanya uang logam saja. Sedang uang kertas sudah raib semua. Kini pihak pengelola masjid Agung Sangatta tengah mereviu atau memutar ulang rekaman kamera CCTV yang berada tepat di depan pintu utara dan dalam masjid, dekat dengan tempat kotak amal tersebut berada. Sementara dari hasil rekaman hingga Rabu (13/7) malam pukul  22.00 wita, tidak ada hal yang mencurigakan apakah ada warga yang yang mendekati kotak amal tersebut. Sehingga diperkirakan, kotak amal tersebut terbongkar antara subuh hingga pagi hari.

Lanjutnya, kejadian pencurian isi kotak amal di masjid Agung Sangatta ini merupakan kali kedua setelah kejadian serupa dua tahun yang lalu. Namun pada kejadian pertama, yang dicuri adalah kotak amal ukuran kecil dan pelaku pencuriannya adalah pelajar SMP. Sementara isi kotak amal yang terbongkar kali ini diperkirakan hanya ratusan ribu rupiah. Karena setiap usai melaksanakan sholat jum’at, para takmir masjid kemudian mengumpulkan seluruh isi kotak amal, dan biasanya berisi uang sedekah jamaah masjid sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu rupiah.

(Voice : Bahri Masjid Agung – Kotak Amal Masjid Kemalingan)

Lebih jauh, Bahri mengatakan luasnya komplek masjid Agung Sangatta ini tentu tidak bisa membuat setiap petugas keamanan terus melakukan pengawan. Sehingga pihak pengelola masjid memasang kamera CCTV di beberapa bagian masjid. Saat ini masjid Agung Al-faroek Bukit Pelangi Sangatta memiliki 3 orang imam rawatib dan 3 orang bilal, 30 petugas kebersihan dan 6 petugas Satpol PP yang berjaga secara bergantian. Saat ini pihaknya hanya menunggu hasil rekaman CCTV dan nantinya pengurus masjid akan mengambil keputusan melalui rapat, apakah hasilnya akan dilanjutkan ke jalur hukum atau tidak.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments