Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KPC bersama KPA Kutim, Kampanye Cegah HIV Melalui Radio

KPC bersama KPA Kutim, Kampanye Cegah HIV Melalui Radio

(185 Views) Desember 14, 2017 3:37 pm | Published by | No comment

Dr. Rahmat saat sedang melakukan talkshow

Sangatta – Kampanye pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS  merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. KPC. Bersama dengan Komisi Penanggulangan AIDs (KPA), PT. KPC ikut mengkampanyekan pencegahan HIV/Aids kepada masyarakat Kutai Timur salah satunya melalui talkshow yang dilaksanakan di radio.

Menghadirkan Pakar kesehatan Rahim, Dr. Rahmat, di RpdKutim, pada Kamis, 14 Desember, kegiatan tersebut membahas pencegahan tertularnya HIV dari ibu yang sedang mengandung kepada bayinya.

Menurut data Komisi Penanggulangan AIDs  Kabupaten Kutai Timur sampai dengan September lalu, jumlah penderita HIV di Kutai Timur mencapai 343 orang dan 48 diantanya telah meninggal dunia. Dari jumlah penderita tersebut, diantaranya adalah wanita di usia produktif yang masih dapat mengalami kehamilan.

Dr. Rahmat menjelaskan, sudah ada program Pemerintah yang menganjurkan setiap ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan rutin screening HIV/AIDS, untuk mendeteksi apakah dia menderita HIV. Karena menurutnya, penularan HIV dari ibu ke bayinya cukup tinggi antara 20-45%, sehingga perlu dilakukan pencegahan agar dapat menghindarkan bayi tertular penyakit tersebut. Hampir 90% yang ditemukan, anak-anak yang positif HIV tertular dari ibunya. Untuk memastikan apakah seorang memiliki HIV, tidak hanya dengan satu tes, namun akan ada tes lanjutan yang akan dilaksanakan.

Resiko penularan HIV dari ibu ke bayi pada saat kehamilan sebesar 5-10% sedangkan resiko pada saat persalinan sebesar 15-20% jika tidak mendapat penanganan dengan tepat, saat menyusui, bayi juga beresiko tertular HIV dari ibu penderita sebesar 10-15%. Untuk itu perlu ada pendekatan dan pemberian pemahaman kepada para ibu untuk melakukan tes untuk menjaga anak yang dilahirkan tidak tertular HIV.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Categorised in:

No comment for KPC bersama KPA Kutim, Kampanye Cegah HIV Melalui Radio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.