Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » KPC Kucurkan 980 Juta Bantuan Kelompok Tani dan Bumdes di 2 Kecamatan

KPC Kucurkan 980 Juta Bantuan Kelompok Tani dan Bumdes di 2 Kecamatan

(123 Views) November 7, 2018 6:54 pm | Published by | No comment

Sangatta – Berlangsung di Bumi Pelatihan dan Percontohan Usaha Tani Konservasi (BPPUTK) , Sangatta Selatan, Rabu, 7 November, PT. Kaltim Prima Coal (KPC) menyalurkan bantuan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) tahun 2018, sebesar Sembilan ratus delapan puluh juta rupiah, kepada Kelompok Tani dan Bumdes di dua Kecamatan, yakni Sangatta Utara dan Selatan.

Bantuan tersebut berupa dana permodalan untuk bumdes, dan juga bantuan hewan ternak serta bibit sawit kepada para kelompok tani.

Pada laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan tersebut, Sugeng Wiyatno, menyampaikan bahwa didalam pengembangan agri bisnis, demi terwujudnya gerbang desa madu, PT. KPC fokus pada penguatan bidang agri bisnis, yakni bidang perkebunan, pertanian tanaman pangan, dan bidang peternakan, oleh karena itu, dilakukan pendampingan, pembinaan dan juga pemberian bantuan kepada kelompok yang menjalankannya.

Tidak berbeda, General Manager ESD PT. KPC, Wawan Setiawan juga mengatakan KPC terus berkomitmen dengan Pemerintah, serta stakeholder lain, untuk membangun desa. Ia berharap, secara berkelanjutan program yang disampaikan bisa bernilai, dan berguna bagi kepentingan masyrakat di desa masing-masing, dalam arti luas.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apreasisasinya terhadap penyaluran bantuan tersebut. Menurutnya, jika berbicara mengenai bumdes, maka berbicara, asset, keuangan dan tanggung jawab bersama. Ismu berpesan, dalam menjalankan bumdes, jangan sampai karena tidak cocok dan salah hitungan bisa sampai ke ranah hukum.

Penyerahan bantuan tersebut, diserahkan langsung oleh Wawan Setiawan disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur, kepada lima Bumdes, yakni Bumdes Gembara Prima, Sangatta Utara Sejahtera, Swarga Mitra Mandiri dan Mulya Sari

Sedangkan untuk bantuan berupa hewan ternak sapi, lebah kelulut, ayam kampung, ayam petelur dan kambing bilgona diberikan kepada tiga belas kelompok tani, satu koperasi dan lembaga Adat Kutai Besar Sangatta. Untuk bibit sawit diberikan kepada satu kelompok tani, yakni Kutai Bahari dua.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for KPC Kucurkan 980 Juta Bantuan Kelompok Tani dan Bumdes di 2 Kecamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.