Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KTNA Sebagai Garda Terdepan, Dalam Kepentingan Petani dan Nelayan

KTNA Sebagai Garda Terdepan, Dalam Kepentingan Petani dan Nelayan

(358 Views) Mei 10, 2016 5:08 am | Published by | No comment

Sangatta – Badan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Kutai Timur, melepas sebanyak 142 peserta inti untuk mengikuti pekan daerah (PEDA) dalam rangka Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-9 tingkat Kabupaten yang diselenggarakan selama tiga (3) tanggal 11-14 Mei 2016 di Kabupaten Penajam Paser Utara. PEDA KTNA IX tahun 2016v ini, rencananya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

Kepala Badan Penyuluhan Pertanian kabupaten Kutai Timur Ir.H. Jumairilsyah mengatakan ada beberpa kegiatan yang akan diikuti oleh 142 peserta KTNA Kutim selama di Penajam Paser Utara (PPU) yakni kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan individual petani yang berkaitan dengan usaha tani dan peningkatan kepemimpinan kotak tani dan nelayan.

Jumairilsyah mengatakan manfaat dari kegiatan tersebut sangat besar manfaatnya, karena merupakan kesempatan  yang baik, yang  dapat di manfaatkan oleh peserta untuk mengembang dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam mengembangkan usaha tani dan nelayan Kutim. Jumairisyah berharap selama mengikuti KTNA ini, Jumairisyah mengatakan kegiatan tersebut untuk mendorong spirit petani kedepannya untuk membangun usaha taninya dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut dapat terwujud tentunya dengan catatan peserta harus mengikutinya dengan kemauan atau etos kerja tinggi.

Lebih lanjut, Dia menambahkan para peserta tersebut, setelah pulang mengikuti KTNA ini mereka mempunyai tugas yakni mereka adalah orang yang akan dikontak jika ada apa-apa. Berarti mereka adalah garda terdepan dalam memfasilitasi kepentingan petani dan nelayan, agar bisa mengembangkan usaha taninya sebaik-baiknya dan tentunya dapat memberikan kontribusi pendapatan.

Voice Jumarilsyah_KTNA sebagai Garda Terdepan

Lebih jauh Jumairil menuturkan, jika berbicara Agribisnis maka harus ada perhitungan pendapatannya dan kegiatan ini bukan hanya sekedar bereven. Jadi bagaimana nilai tukar petani ini setiap tahunnya tahunnya semakin meningkat. Adapun target yang ingin dicapai pada PEDA KTNA IX tahun ini , Jumarilsyah mengatakan Kutim yang pertama tentunya ingin mendapatkan predikat terbaik, baik itu dalam lomba-lomba yang juga bisa mengharumkan nama daerah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments