Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kualitas Dua DAS Di Kutim, Menurun, Kehadiran Forum DAS, Diharapkan Mampu Mengoptimalkan DAS di Kutim

Kualitas Dua DAS Di Kutim, Menurun, Kehadiran Forum DAS, Diharapkan Mampu Mengoptimalkan DAS di Kutim

(6789 Views) April 12, 2017 5:25 pm | Published by | No comment

Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setkab Kutim, Pranowo

Sangatta – Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setkab Kutai Timur, Pranowo menjelaskan Forum  Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dibentuk berdasarkan SK Bupati nomor 013/K.275/2017, yang bertujuan untuk mengoptimalkan dan mensinergikan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Kutai Timur supaya lebih baik. Hal tersebut, diungkapkan pada Pelantikan Forum Koordinasi DAS Kabupaten Kutai Timur, diruang Meranti Kantor Bupati, Rabu (12/4/17).

Pranowo mengungkapkan, yang tergabung dalam Forum Koordinasi DAS, pertama adalah Birokrat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (BLH), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan lainnya. Selanjutnya Tokoh-Tokoh Masyarakat  sebagai pemerhati DAS Kutim,  Unsur Akademisi, dan perwakilan Perusahaan-Perusahaan.

Ia menjelaskan Forum Koordinasi DAS Kutim, akan menangani empat  DAS yang ada di Kutim, yakni DAS Sangatta Utara, DAS Bengalon, DAS Karangan dan  Manubar.

Dari data SDA tahun 2018, ada dua DAS yang harus dipertahankan kualitasnya, kemudian dua menurun kondisi kualitasnya. Untuk itu, Forum Koordinasi DAS  Kutim, akan menyusun program dan kegiatan yang terpadu, bagaimana menangani DAS yang baik.

Insert : Kabag SDA Setkab Kutim, Pranowo

Lebih jauh, Pranowo menerangkan, sesuai dengan visi ke empat, Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur, meningkatkan pengelolaan, ruang untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang lebih baik, lebih sehat, dan nyaman bagi kehidupan manusia. Ia mengakui, bahwa Visi Forum Koordinasi DAS  Kutim, bersinergi dengan visi Bupati, fokus dan  tuntas, dalam menangani DAS yang ada di Kabupaten  Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments