Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kurang Sosialisasi, Pemilih pada Pilkades Kurang Antusias

Kurang Sosialisasi, Pemilih pada Pilkades Kurang Antusias

(546 Views) Desember 20, 2016 11:59 am | Published by | No comment

15578884_214568345615618_1198468439797821984_n
Sangatta – Pendeknya waktu Calon Kepala Desa untuk melakukan sosialisasi pengenalan diri atau berkampanye mengakibatkan kurangnya antusias Pemilih untuk melakukan pencoblosan. Dibuka sejak pukul 07.30 pagi namun sampai waktu menunjukkan pukul sebelas, pemilih yang mendatangi Tempat Pemilihan Sementara (TPS) masih terlihat sepi. Hal tersebut terjadi di beberapa TPS di Desa Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara.

Menurut Ketua TPS 21 Jalan Sulawesi Desa Sangatta Utara, Rahman mengatakan, antusias masyarakat agak kurang karena pada Pilkades kali ini memang terasa mendadak, sehingga sosialisasi calon kepala desa sangat kurang ke masyarakat. Antusias pemilih juga dipengaruhi oleh para pemilih yang pada hari ini bekerja, terutama pada pemilih yang bekerja di perusahaan karena menurut informasi dari beberapa pemilih, bahwa perusahaan tempat mereka bekerja tidak mengeluarkan surat pemberitahuan libur ataupun ijin untuk mencoblos.

Mekanisme perhitungan suara pada Pilkades kali ini Berbeda dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) ataupun pemilihan Bupati (Pilbup) lalu yang dilakukan langsung di TPS sedangkan pada Pilkades perhitungan suara dilakukan di Kantor desa. Usai penutupan TPS yang dilakukan pada Pukul 01.00 siang, surat suara akan langsung diserahkan ke kantor desa oleh Ketua TPS yang dikawal petugas kepolisian yang menjaga TPS. Sedangkan untuk pengamanan juga terlihat berbeda dengan Pilpres atau Pibup lalu yang dijaga satu personil polisi untuk satu sampai dengan tiga TPS sedangkan pada Pilkades penjagaan dilakukan satu petugas polisi untuk satu TPS karena memang tidak keseluruhan desa melakukan pemilihan sehingga personiel yang ada mencukupi untuk penjagaan satu personiel satu TPS.

Voice : Reporter Rpd Kutim / Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments