Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kurangi Antrian, Disdukcapil Akan Go Digital

Kurangi Antrian, Disdukcapil Akan Go Digital

(15 Views) Februari 12, 2019 5:37 am | Published by | No comment

Sangatta – Sebagai upaya percepatan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Semua masyarakat dalam pengurusan Dukcapil Kabupaten Kutai Timur nantinya akan dilayani secara digital. Selain perekaman KTP EL yang harus dilakukan di kantor Dukcapil, urusan lainnya seperti pemberkasan pindah wilayah, pengurusan akte nikah, akte kelahiran hingga akte kematian dan lain-lain, akan di lakukan secara digital, melalui aplikasi yang dapat diakses menggunakan smartphone.
Ditemui setelah coffee morning di ruang meranti Kabupaten Kutai Timur, Senin 11 februari, Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Januar Harlian Mengatakan bahwa persiapan yang saat ini dilakukan adalah persiapan server dan petugas analisis data base (ADB) yang masih menunggu pelatihan dari pusat. Ia juga menambahkan digitalisasi dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus keperluan layanan kependudukan seperti akta kelahiran, kartu keluarga dan sebagainya tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Cukup mengisi formulir online, data kependudukan yang diperlukan pun dapat ditandatangin kapanpun dan dimanapun oleh kepala Disdukcapil secara digital, sehingga tidak ada lagi penumpukan berkas karena harus menunggu Kepala Dukcapil.
Mulai tahun ini jajaran Dukcapil telah menggunakan tanda tangan digital untuk mengurus data administrasi kependudukan (Adminduk), hal tersebut telah disepakati bersama-sama oleh jajaran dukcapil seluruh Indonesia saat Rapat Koordinasi Nasional I Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas I Dukcapil) di Four Point by Sheraton Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 7 februari lalu.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Kurangi Antrian, Disdukcapil Akan Go Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.