Menu Click to open Menus
Home » Acara » PN Sangatta Komitmen Wujudkan Wilayah Bersih Melayani Dan Bebas Korupsi

PN Sangatta Komitmen Wujudkan Wilayah Bersih Melayani Dan Bebas Korupsi

(27 Views) Maret 14, 2019 3:59 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Menindaklanjuti amanah Mahkamah Agung guna mewujudkan peradilan yang agung, Pengadilan Negeri Sangatta, pagi tadi, mencanangkan Zona Integritas, wilayah bersih melayani dan bebas dari korupsi. Pencanangan yang dilaksanakan di ruang sidang utama PN Sangatta ini, melibatkan pihak terkait lainnya, seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun unsur penegak hukum. Kehadiran instansi terkait ini diharapkan sebagai upaya sinergi dengan PN Sangatta, dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut.

Ketua PN Sangatta, Rahmat Sanjaya menjelaskan upaya mewujudkan wilayah bersih dan melayani dengan bebas dari korupsi pada PN Sangatta adalah dengan menyiapkan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP. Melalui PTSP, masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran ataupun mencari informasi seputar persidangan atau perkara, bisa dengan mudah dan terbuka dilayani oleh perugas PN Sangatta. Demikian ujar Ketua Pengadilan Negeri Sangatta, Rahmat Sanjaya kepada RPD Kutim.

Selain PTSP, Pengadilan Negeri Sangatta juga mulai menerapkan sistem Elektronik Court atau e-Court. Sistem aplikasi yang yang sudah diterapkan di Mahkamah Agung ini, memudahkan masyarakat untuk mendaftarkan perkara secara online. Pembayaran perkara hingga pemanggilan juga bisa dilakukan secara online melalui sistem e-court. Sehingga masyarakat yang beperkara diberikan kemudahan hanya dengan menggunakan sistem elektronik melalui komputer ataupun telepon pintar, atau smart phone. Sistem ini juga meminimalisir ruang pertemuan antara masyarakat yang beperkara dengan petugas pengadilan, seperti hakim atau panitra. Sehingga menutup celah adanya sogok menyogok atau tindak korupsi dalam penanganan perkara.

sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan informasi mengenai e-court, e-skum, e-filing (pendaftaran perkara online di pengadilan), e-payment (pembayaran panjar biaya perkara online) dan e-summons (pemanggilan pihak secara online)

E-Court adalah pendaftaran perkara secara online, mendapatkan e-skum secara online, pembayaran online, melakukan konfirmasi pembayaran secara online dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan secara online.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for PN Sangatta Komitmen Wujudkan Wilayah Bersih Melayani Dan Bebas Korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.