Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutai Timur Ditarget Jadi Lumbung Padi Kaltim

Kutai Timur Ditarget Jadi Lumbung Padi Kaltim

(563 Views) September 22, 2016 2:36 pm | Published by | No comment

img_2698_zpsblv5hop0

Sangatta. Besarnya potensi pertanian yang dimiliki Kabupaten Kutai Timur, tentu menjadi sebuah tolak ukur jika ke depannya Kutim ditargetkan menjadi lumbung pangan khususnya padi bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Demikian harapan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim, Ibrahim.

Ditemui disela kunjungan kerjanya di Kabupaten Kutai Timur, baru-baru ini, Ibrahim berharap Pemerintah Kutim benar-benar konsen pada upaya pemenuhan pangan dalam daerah serta target swasembada beras yang dicanangkan pemerintah pusat.

Dikatakan, tahun ini Kutim berada di posisi kelima pada musim tanam April hingga September dalam luas tanam atau area persawahan siap tanam. Sementara, target nasional untuk Kaltim adalah 45.000 hektar sawah, sedangkan di Kutim baru ada lebih dari 3000 hektar sawah siap tanam atau baru mencapai  40 persen dari target luasan tanam kaltim. Tetapi dirinya yakin, dengan sisa musim tanam yang ada target tersebut dapat terkejar.

Lanjutnya, saat ini produksi beras di Kutim masih kekurangan 7000 ton dari target pemenuhan produksi beras Kaltim. Jika dilakukan penanaman padi dua kali dalam setahun ini, diyakini dapat tercapai. Selain itu, potensi pertanian di Kutim sangat besar. Beberapa kecamatan di Kutim seperti Kecamatan Kaubun dan Long Mesangat, memiliki potensi pengairan untuk pertanian yang sangat bagus. Tinggal bagaimana menambah luasan persawahan untuk mencapai target yang  diberikan. Sehingga wajar jika pemerintah provinsi Kaltim menargetkan Kutai Timur menjadi lumbung beras Kaltim. Terlebih saat ini pemerintah mendapat dukungan dari TNI-AD dalam mensukseskan program swasembada pangan khususnya beras.

Lebih jauh dikatakan Ibrahim, memang hingga saat ini ketersediaan air selalu menjadi momok permasalahan pertanian di Kaltim pada umumnya. Namun upaya terus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, mulai dari penyediaan pompanisasi dan sumur bor. Dirinya berharap target yang diberikan pemerintah pusat ini dapat dipenuhi Kaltim. Karena tentu jika terget tersebut tidak terpenuhi akan berdampak pada pengurangan anggaran pertanian yang dikucurkan Kementrian Pertanian kepada provinsi Kaltim. Jika anggaran provinsi dikurangi, otomatis akan berpengaruh pada bantuan ke pemerintah kabupaten.

(Voice : Kadis Pertanian Ibrahim – Kutim Lumbung Padi Kaltim

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments