Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kutai Timur : Minggu Ini, Seluruh Tempat Ibadah Dibuka, Bupati: Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Kutai Timur : Minggu Ini, Seluruh Tempat Ibadah Dibuka, Bupati: Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

(232 Views) Juni 3, 2020 1:22 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Menuju “New Normal” Kabupaten Kutai Timur secara bertahap memberlakukan kembali sejumlah aktifitas masyarakat salah satunya kegiatan keagamaan. Namun, sebelum diaktifkannya aktifitas itu, Pemkab Kutim terlebih dulu akan melakukan sosialisasi menuju penerapan strategi baru atau hidup beradaptasi dengan Covid-19 seperti yang tengah diberlakukan Pusat. Hal ini dilakukan agar dalam penerapannya nanti masyarakat tetap menjalan protokol kesehatan.

Untuk itu, Bupati Kutim Ismunandar melalui rapat dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kutim yang dihadiri masing- masing pimpinan agama di Kutim pada, Selasa (2/6/20) mengatakan, mulai minggu ini semua kegiatan ibadah diijinkan untuk dilaksanakan di masing- masing tempat ibadah tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan serta berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020, tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan dirumah ibadah dan hasil rapat 2 Juni 2020 dengan Bupati Kutim, Kemenag serta seluruh Tokoh Agama di Kutim. Perihal, pelaksanaan peribadatan di rumah ibadah selama masa pandemic C-19 ini, (buka SE Kemenag dilampiran berikutnya).

Di tempat yang sama, Kemenag Kutim Nasrun menjelaskan, penerapan new normal life di tempat ibadah harus mengacu pada Surat Edaran (SE)  Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020 dan  surat edaran Dewan Masjid Indonesia serta panduan new normal yang dikeluarkan oleh PBNU.

Tak hanya itu, ijin melakukan ibadah di rumah ibadah harus mendapatkan rekomendasi dari pihak kecamatan dan desa, apakah rumah ibadah itu diperboleh atau tidak. Hal ini  seperti yang disampaikan Bupati, Camat dan Desa lah yang mengetahui persis apakah rumah ibadah di wilayah tersebut bisa digunakan.

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments