Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Belum jadi kota Layak Anak

Kutim Belum jadi kota Layak Anak

(6764 Views) Juli 28, 2017 1:04 pm | Published by | No comment

Sangatta– Masih belum adanya fasilitas khusus yang ramah terhadap anak di Kutai Timur, mengakibatkan Kutai Timur masih belum menjadi kota layak anak. Kutai Timur menjadi salah satu dari dua kabupaten di Kalimantan Timur, yang belum mendapat predikat tersebut. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Aisyah mengatakan sistem penilaian kota layak anak menggunakan perhitungan data base dan sampai saat ini Kutai Timur baru mendapat penilaian Sembilan belas persen, masih banyak yang harus dipenuhi dan butuh peran dari lintas sektor.

Untuk menjadi kota layak anak, Kutai TImur harus menyediakan fasilitas ramah anak, seperti puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, termasuk juga memasukkan anak dalam perencanaan pembangunan dari tingkat desa hingga kabupaten. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan dukungan dan kerjasama antar SKPD. Sedangkan untuk proses kota layak anak, sudah mulai diberlakukan kebijakan untuk wajib memiliki tempat bermain anak di setiap desa dan kecamatan.

Indikasi kota layak anak seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No. 12 Tahun 2011 memiliki beberapa klaster yakni hal sipil dan kebebasan meliputi, persentase anak yang mendapatkan kutipan akta kelahiran, tersedianya fasilitas informasi layak anak dan tersedianya kelompok atau forum anak. Klaster lingkungan keluarga dan pengasuh alternative, klaster kesehatan dasar dan kesejanteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x