Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KUTIM CANANGKAN SWASEMBADA BERAS 3 TAHUN KEDEPAN

KUTIM CANANGKAN SWASEMBADA BERAS 3 TAHUN KEDEPAN

(537 Views) Mei 21, 2015 8:55 am | Published by | No comment

SANGATTA– Untuk mendukung Program Swasembada beras dan mengurangi ketersedian  pangan di daerah ini, Pemkab Kutim melalui Badan Ketahanan Pangan menggelar rapat bersama dinas dan instansi terkait. Pertemuan yang digelar di ruang Arau kantor Bupati itu dihadiri oleh SKPD terkait, perwakilan perusahaan, perguruaan tinggi dan Camat se-Kaltim. Salah satu topic pembahasan dalam rapat tersebut adalah bagaimana upaya menanggulangi devisite pangan sampai dengan 2018, keterlibatan perusahaan, serta masalah-masalah tang ada di setiap kecamatan dalam keikutsertaan penyediaan pangan.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan, Hormansyah, di Kutai Timur berdasarkan hasil analisis perhitungan neraca bahan makanan (NBM) tahun 2013 ketersedian energi mencapai 2.387kalori/kapita/hari, yang berarti kita melebihi standar pelayanan minimal yang ditetapkan 2.200kalori/kapita/hari. Ketersediaan protein sebesar 58,76gr/hari yang sudah melibihi standar minimal 57gr/kapita/hari namun dilihat dari sisi produksi pangan utama beras produksi padi Kutai Timur pada tahun 2014 sebesar 43.226 ton atau setara beras 27.316 ton beras dengan asumsi komsumsi beras wilayah 116kg/kapita/tahun 423.459 jiwa artinya 49.083Ton/tahun maka devisit kita kekurangan beras 21.764ton/tahun.

Menurut dia, Perluasa areal tanam akan dilakukan untuk menutupi devisit pangan, selain itu Badan Ketahanan Pangan Kutai Timur bekerjasama dengan SKPD yang terkait, memberdayakan penyuluh, diajukannya Perbub Bupati tentang memberdayakan semua perusahaan baik sawit maupun batu bara untuk CSR-nya membangun lahan dan menanam jenis tanaman pangan, menetapkan Peta kecamatan yang rawan pangan, serta membahas penyuluhan pengganti beras sebagai makanan utama. Pemberian pengarahan gerakan percepatan keragaman komsumsi pangan memberi pehaman kemasyarakat untuk mengomsumsi pangan yang lebih beragam, bergizi, seimbang dan aman seiring dengan itu kebutuhan beras perkapita dapat diturunkan, namun hasil lokal ternak, ikan, buah dan sayur dapat ditingkatkan.

Ditambahkan Hormansyah, target Kutai Timur 45.000Ton pertahun, dengan perluasan lahan sebesar 6.236Hektar diharapkan dalam 3 Tahun kedepan  Kutai Timur akan swasembada pangan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments