Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Darurat Kekerasan Terhadap Anak, Komnas PAI Ajak Masyarakat Kutim Bergerak Cepat Ambil Tindakan

Kutim Darurat Kekerasan Terhadap Anak, Komnas PAI Ajak Masyarakat Kutim Bergerak Cepat Ambil Tindakan

(616 Views) April 15, 2016 11:39 am | Published by | No comment

Sangatta. Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PAI) Arist Merdeka Sirait, menilai kasus kekerasan terhadap anak yang kini terjadi dan menjadi fenomena di Kutai Timur sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Bahkan dirinya memasukkan Kutai Timur sebagai daerah darurat kekerasan terhadap anak. Hal ini disampaikan Arist Merdeka Sirait mecermati femomena perkembangan kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kutai Timur terutama, dalam sebulan terakhir ini.
Usai mengisi materi dalam seminar sehari dengan tema “Stop Kekerasa Terhadap Anak” di Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur, kemarin, kepada awak media Arist mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat Kutai Timur harus bahu membahu berupaya untuk memutus mata rantai kekerasan terhadap anak yang saat ini terjadi di Kutai Timur. Jika tidak, hal seperti ini akan terus terjadi dan berulang.

Lanjutnya, fenomena menakutkan yang kini terjadi di Kutai Timur terkait adanya hubungan Inses atau ayah memperkosa anak kandungnya sendiri ini, sebenarnya pernah juga terjadi di kota Samarinda. Bahkan yang menjadi korban bukan hanya anak tertua, namun dari hasil pemeriksaan Komnas PAI kepada keluarga korban, hampir semua anak kandungnya pernah diperlakukan serupa oleh sang ayah. Untuk itu, perlu segera diambil tindakan tegas dan cepat oleh Pemerintah untuk membuat sebuah kebijakan yang disebut gerakan masyarakat perlindungan anak yang masif sampai ke tingkat desa hingga RT, dengan membentuk tim reaksi cepat perlindungan anak di banjar-banjar atau di desa. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa peduli terhadap keluarga yang kecenderungan melakukan praktek kekerasan dan kejahatan terhadap anak. Disinilah adanya peran serta masyarakat yang yang sangat penting namun harus digerakkan oleh pemerintah yang ada.

(voice : Arist Merdeka Sirait – Kutim Darurat Kekerasan Terhadap Anak)

Lebih jauh, Arist mengatakan Komnas PAI siap mendukung apapun itu lembaga atau tim bentukan Pemerintah guna percepatan dalam melakukan perlindungan terhadap anak dari tindak kekerasan dan kejahatan. Namun yang menjadi poin penting dalam kasus ini adalah saat ini di tengah-tengah masyarakat sudah runtuhnya pengamalan nilai-nilai agama. Agama yang seharusnya sebagai benteng yang melindungi manusia dari kerusakan moral tidak lagi dikenalkan kepada keluarga. Akibatnya, bukan hanya tidak mampu membentengi diri dari kekerasan dan kejahatan moral oleh lingkungan luar, tetapi dari dalam keluarga sendiri lahir perusak dan predator yang rusak keluarga tersebut dari dalam.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments