Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Defisit Rp 400 Miliar

Kutim Defisit Rp 400 Miliar

(523 Views) Juni 27, 2016 8:51 am | Published by | No comment

Sangatta. Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kutai Timur telah menghitung-hitung estimasi besaran defisit anggaran yang bakal dialami Pemkab Kutim pada APBD perubahan 2016, nanti.

Ketua TAPD Kutim yang juga Plt Sekda Kutim, Yulianti, yang ditemui awak media mengatakan bahwa estimasi defisit anggaran memang bakal terjadi. Hal ini dikarenakan beberapa poin yang mengalami perubahan. Yakni, perhitungan royalti dari sektor migas dan batubara yang mengalami penurunan, termasuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan Pajak Sektor P1 dan P2 yang juga mengalami penurunan. Penjualan batubara yang semula  USD 50 (Dollar) per ton turun menjadi USD  40 (Dollar). Termasuk turunnya royalti penjualan minyak bumi dan gas.

Lanjut Yuli, pada pada tahun lalu walaupun mengalami pengurangan namun nilainya hanya Rp 57 Miliar. Sementara pada rapat sebulan lalu, Kutim total mendapat pengurangan Rp 275 Miliar dari pusat terkait royalti penjualan ini. Otomatis pengurangan ini akan mempengaruhi belanja daerah yang sudah direncanakan. Sehingga defisit Kutim diperkirakan hampir mencapai Rp 400 miliar dari total anggaran murni sebesar Rp 3,5 Miliar.

(Voice : Plt Sekda Yuli – Defisit 400 M)

Lebih jauh Yulianti mengatakan, kemungkinan rasionalisasi anggaran pasti akan terjadi. Namun rasionalisasi ini baru dilakukan pada APBD Perubahan 2016, nanti. Sementara bagi anggaran murni 2016 yang sudah berjalan hingga bulan Juni ini tidak ada permasalahan.  Rasionalisasi lebih kepada pengurangan perjalanan dinas dan meniadakan pengadaan kendaraan dinas baru.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments