Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Dijamin Aman Selama Penyelenggaraan Pilkada

Kutim Dijamin Aman Selama Penyelenggaraan Pilkada

(1890 Views) Juli 28, 2015 7:42 am | Published by | No comment

Sangatta. Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Andayono meyakinkan bahwa Kalimantan Timur (Kaltim) pada umumnya dan Kutai Timur (Kutim) pada khususnya akan aman-aman saja selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015, nanti.

Ditemui usai memberikan pengarahan kepada jajaran Polres Kutai Timur, Selasa (28/7) siang tadi, Irjen Andayono mengatakan bahwa jika bercermin pada beberapa Pemilu, baik Pilpres, Legislatif dan Pilkada di beberapa daerah yang pernah dirinya bertugas, maka dirinya menilai jika Pilkada Kutim tahun ini akan aman, lancar dan kondusif. Bahkan dirinya pun memastikan tidak akan meminta bantuan beckup personil polisi dari Mabes Polri.

(voice)

Sementara itu, bagi anggota Polri dan TNI sudah jelas harus tetap netral dan tidak boleh terlibat dalam tim sukses bakal calon Kepala Daerah, kecuali dalam upaya pengamanan calon. Jika diketahui ada anggota Polri yang terlibat dalam tim sukses bahkan ikut mencalonkan diri sebagai peserta Pilkada tanpa seijin pimpinan, maka akan berhadapan dengan Sidang Kode Etik Polri dan dijatuhi sanksi sejauh mana keterlibatannya. Karena sesuai undang-undang terbaru, baik anggota TNI, Polri dan PNS yang berniat mengajukan diri maju dalam Pilkada harus berhenti atau keluar dari pekerjaannya.Namun yang tidak dapat dibatasi adalah bagi keluarga besar Polri seperti istri, anak dan keluarga lainnya yang memang memiliki hak untuk memilih. Walaupun merupakan hak asasi semua manusia dalam menetukan pilihan namun polisi akan tetap menjamin netralitasnya, tegas Kalpolda Irjen Andayono.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments