Menu Click to open Menus
Home » Keamanan » Kutim Jadi Lokasi Uji Coba Peluncuran Roket R-Han

Kutim Jadi Lokasi Uji Coba Peluncuran Roket R-Han

(128 Views) Oktober 29, 2018 4:49 pm | Published by | No comment

Sangatta – Saat ini Kementerian Pertahanan Indonesia (Kemenhan), tengah melakukan pengembangan roket, sebagai salah satu program prioritas nasional, dalam rangka melakukan kemandirian alat utama sistem senjata atau alutsista. Rencananya Kutai Timur akan menjadi lokasi uji coba peluncuran roket pertahanan buatan dalam negeri tersebut. Sebelum pelaksanaannya, tim dari Kementerian Pertahanan Ri melakukan survey kelayakan lokasi di Sekerat Kecamatan Bengalon.

Roket yang tengah dikembangkan Litbang Kemenhan tersebut, yakni R-Han atau roket pertahanan. Dalam pertemuan di Makodim 0909 Sangatta, diketahui jika  R-Han telah beberapa kali dilakukan uji coba. Pertama pada 6 November 2010 lalu, di Baturaja Lampung, dengan panjang roket satu koma tujuh meter, dengan diameter seratus dua puluh dua millimeter. Roket kedua dengan panjang dua koma delapan meter dan diameter seratus dua puluh dua millimeter, diuji coba pada 6 Maret 2014 di Garut Jawa Barat. Saat ini, Kemenhan tengah melakukan penelitian lokasi latihan uji coba, untuk roket generasi selanjutnya.

Menurut keterangan Ketua Tim Pemantau Lokasi, Pujiantoro, pihaknya di tahun 2018  telah mendatangi enam lokasi, salah satunya Sekerat di Kutai Timur. Pasca dilihat seluruh parameter standar kelayakan wilayah, dari demografi, geografi, klimatologi yang selanjutnya dilanjutkan dengan feasibility study.

Ia menambahkan, dengan beberapa roket yang telah dikembangkan dari kaliber seratus dua puluh dua, hingga kaliber empat ratus lima puluh, memiliki jarak tempuh yang cukup jauh. Oleh sebab itu, diperlukan cakupan wilayah minimal dua ribu lima ratus hekter.

Sementara itu, Kasdim 0909 Sangatta mengaku cukup bangga, Kutai Timur menjadi salah satu lokasi yang ditunjuk oleh tim. Terkati lokasi di Sekerat harus dilakukan pengecekan, lantaran lokasi tersebuh daerah latihan 3 Matera, namun untuk peluncuran roket belum pernah.

Kodim 0909 Sangatta bersama Danlanal Sangatta, serta Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, siap membantu dan mensukseskan kegiatan yang masuk dalam program strategis nasional.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Kutim Jadi Lokasi Uji Coba Peluncuran Roket R-Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.