Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kutim Kembali Raih WTP, Terima Penghargaan 3 Tahun Berturut-Turut

Kutim Kembali Raih WTP, Terima Penghargaan 3 Tahun Berturut-Turut

(171 Views) Oktober 18, 2018 1:49 pm | Published by | No comment

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2017. Dengan diraihnya kembali WTP pada tahun ini, maka Kutai Timur sudah menerima tiga kali WTP secara berturut-turut, sejak LKPD TA 2015 lalu.

Sertifikat penghargaan WTP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan  Akutansi dan Pelaporan Keuangan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltim, Muksin, kepada Bupati Kutai Timur, Ismunandar, didampingi Wakil Bupati, Kasmidi Bulang, di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutai Timur, Kamis, 18 Oktober.

Dikesempatan tersebut Muksin mengucapkan selamat, yang disampaikan atas nama kementerian keuangan, kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur atas raihan opini WTP, sebagai wujud dari penilaian prestisius atas cerminan kewajaran informasi keuangan dan laporan keuangan. Harapannya pencapain tersebut bisa terus dipertahankan, sehingga nantinya Bupati Kutai Timur dapat menerima langsung penghargaan di Istana Negara.

Ia menyebutkan, hasil tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh bagian. Pencapaian WTP terwujud atas adanya komintmen Pimpinan baik Bupati, DPRD maupun SKDP. Dengan pencapaian WTP memberikan indikasi, bahwa pengelolaan keuangan Kutai Timur telah memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang, Tentang Keuangan Negara.

Namun menurut Muksin, WTP bukan tujuan akhir yang dicapai dalam tujuan pengelolaan uang, artinya harus tetap mempertahankan kualitas laporan keuangan. WTP juga tidak menjamin terbebas dari permasalahan hukum, karena audit tidak dilakukan menyeluruh namun dengan mekanisme sample, meski begitu harapannya, bagian lain yang tidak masuk dalam audit, juga tidak ada yang bermasalah terkait hukum.

Sementara itu, Ismunandar dalam sambutannya menyampaikan, bukan hanya sekedar penghargaan dalam pelaporan keuangan yang diharapkan dapat diraih Kutai Timur, namun dalam pelaksanaannya penyelenggaran secara nyata diharapkan dapat berjalan sama.

Ismu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak, karena hasil tersebut merupakan dukungan seluruh kepala SKPD dan para Camat, serta Kepala Wilayah Kecamatan, karena data yang dimasukkan adalah data atau laporan yang benar-benar dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu menurutnya, Kepala SKPD dan Camat-nya dapat memberikan jawaban yang logis saat mendapat pertanyaan.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Kutim Kembali Raih WTP, Terima Penghargaan 3 Tahun Berturut-Turut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.