Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim KLB Defteri, 3 Pasien Warga Sanggatta Utara

Kutim KLB Defteri, 3 Pasien Warga Sanggatta Utara

(420 Views) Januari 3, 2018 3:23 pm | Published by | No comment

Sangatta-Sangatta Utara ditetapkan sebagai wilayaj Kejadian Luar Biasa (KLB) Defteri, penetepan KLB tersebut berdasarkan hasil positif sample darah milik tiga pasien yang dikirim ke Jakarta karena terindikasi tertular penyakit tersebut. Penetapan KLB Defteri dilakukan Dinas Kesehatan Kutai Timur setelah melakukan konsultasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur.

Tiga pasien yang sudah dinyatakan terjangkit Defteri tersebut dua orang dewasa, usia 35 tahun dan 60 tahun sedangkan satu pasien lain, anak-anak berumur 8 tahun. Dari 26 sampel orang yang dikirim karena diduga terkena Difteri hanya 3 orang yang dinyatakan positif. Untuk pasien yang diduga Defteri, sudah dipulangkan dan sudah diterapi melalui masa isolasi, sementara yang positif defteri sudah dilakukan isolasi agar tidak menular.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, Bahrani Hasanal mengatakan, Defteri dapat menular dengan cepat, maka harus segera ditangani dengan cepat, agar tidak menular kepada masyarakat lain. Salah satu yang akan dilakukan adalah menggelar suntik massal anti defteri. Karena kasus tersebut berawal dari Sangatta Utara maka sementara waktu yang akan menjadi sasaran adalah warga Sangatta Utara.

Meski terkendala anggaran untuk memberikan vaksin, namun Dinas Kesehatan sudah membentuk posko suntik massal di Sangatta Utara, yaitu Puskesmas Sangatta Utara dan Teluk Lingga sambil menunggu anggaran cair. Jika memang memadai, maka akan dilaksanakan suntik massal dari usia 0 sampai dengan 19 tahun, bahkan tidak hanya di Sangatta Utara namun di 18 Kecamatan lain, untuk mencegah penularan penyakit tersebut demikian yang disampaikan Bahrani.

Voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Kutim KLB Defteri, 3 Pasien Warga Sanggatta Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.