Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Masuk Nominasi Anugrah Kebudayaan Dan Penghargaan Maestro Seni Tradisional

Kutim Masuk Nominasi Anugrah Kebudayaan Dan Penghargaan Maestro Seni Tradisional

(856 Views) April 27, 2017 6:31 pm | Published by | 9 Comments

Sangatta – Gencarnya Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mempromosikan budaya dan wisata di Kutai Timur berbuah manis, meski baru dinyatakan masuk dalam nominasi Anugrah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisional 2017 Katagori Pemerintah Daerah, namun dirasakan sangat membahagiakan karena Pemerintah dinilai mampu mengangkat budaya daerah dan melestarikannya.

Kepada RPDKutim, Bupati Kutai TImur Ismunandar mengatakan, merasa optimis Kutai Timur dapat bersaing dengan Kabupaten Kota yang sudah maju pariwiasata dan budayanya, dan bersyukur kutim masuk dalam nominasi, menurutnya, hal tersebut menunjukkan Kutai Timur mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengatakan, hanya enam daerah dari dua ratus Kabupaten kota di Indonesia yang masuk nominasi, bahkan di Kalimantan Timur, hanya Kutai Timur satu-satunya yang masuk katagori. Dari enam daerah tersebut akan diadu untuk mencari tiga yang terbaik. Dan berharap Kutai Timur masuk dalam salah satu tiga besar tersebut.

Lebih lanjut, Kasmidi mengatakan, untuk presentasi budaya dan wisata Kutai Timur disampaikan langsung oleh Bupati Kutai Timur, Ismunandar. dan sangat optimis dapat meraih penghargaan tersebut karena menurutnya semua pertanyaan dari tim penguji dapat dijawab dan disampaikan dengan baik dan mendapatkan apresiasi dari penguji.

Beberapa hal yang masuk dalam penilai catagori tersebut diantaranya pelaksanaan pelas tanah dan pesta adat lom pli yang merupakan pesta adat yang diperingati sejak ratusan tahun lalu, pelestarian kawasan karst, bahkan hubungan silaturrahmi antara masyarakat dalam melestarikan berbagai budaya di Kutai Timur juga menjadi penilai, dan yang tidak kalah penting, Kutai Timur telah mermbentuk OPD Kebudayaan, sedangkan OPD Kebudayaan sendiri saat ini baru terbentuk di tiga daerah di Indonesia termasuk Kutai Timur.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

9 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments