Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kutim Punya 17.000 Ekor Sapi Bali, Butuh Penambahan Dokter Hewan

Kutim Punya 17.000 Ekor Sapi Bali, Butuh Penambahan Dokter Hewan

(565 Views) April 4, 2016 2:05 pm | Published by | No comment

Sangatta – Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Timur punya populasi 17.000 ekor sapi yang tersebar dibeberapa Kecamatan diantaranya di Kecamatan Rantau Pulung, Kongbeng, Muara Wahau, Busang dan Muara Ancalong. Dengan pupulasi 17.000 sapi ini Distanak Kutai Timur hanya punya tiga (3) dokter hewan saja, ini tidak seimbang dengan jumlah hewan yang dimiliki, sementara penyakit rabies dan lain sebagai selalu mengintai terhadap hewan. Hal ini diungkapakan Sekretaris Distanak Kutim pada pertemuan Coffee Morning, senin (4/4/2016) diruang Meranti Kantor Bupati.

Fahmi menuturkan Kabupaten Kutai memiliki enam Ka.UPT Puskeswan, minimal satu Puskeswan itu perlu 1 dokter plus 2 tenaga medisnya, hal ini dikatakan Fahmi menjadi kebutuhan ril Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Timur, hal ini agar supaya dalam pengembang peternakan di Kutim bisa berkembang sehingga perlu di dukung dengan ada dokter-dokter hewan.

Voice (Fahmi_Butuh Penambahan Dokter Hewan)

Lebih lanjut, sebagai informasi disampaikan Fahmi Anwar Distanak Kutai Timur akan membentuk Kawasan Sentra Peternakan di Rantau Pulung khusus bibit sapi bali, ditargetkan pada tahun 2016/2017 1000 ekor sapi bali . Dengan harapan pada saat nanti pengadaan bibit sapi tidak perlu lagi membeli sapi diluar, karena Kutai Timur sudah menyiapkan bibit sapi sendiri.

Fahmi juga menambahkan sudah ada 3 Kelompak tani yang dipersiapkan dan sudah mendapatkan rekomendasikan dari Distanak Provinsi Kalimantan Timur, sebagai  pembibitan sapi bali yakni kelompok tani di Kecamatan Rantau Pulung, selain itu di Kecamatan Bengalon akan dijadikan Sentra Kawasan pembibitan ayam potong, dua kecamatan inilah yang difokuskan sebagai sentra dibidang peternakan oleh Distanak Kutai Timur sehingga ujung-ujungnya harus tuntas.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments