Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kutim Putuskan Sholat Ied, Takbir Keliling Hingga Halal Bihalal Tahun Ini Ditiadakan

Kutim Putuskan Sholat Ied, Takbir Keliling Hingga Halal Bihalal Tahun Ini Ditiadakan

(54 Views) Mei 20, 2020 6:10 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat terkait larangan pelaksanaan Sholat Ied (Idul Fitri) secara berjamaah, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) secara resmi memutuskan pelaksanaan sholat ied di Kutim  tahun ini ditiadakan. Kebijakan ini diputuskan atas kesepakatan bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kutim dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam rapat dipimpin oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutim, H Ismunandar di Ruang Arau Kantor Bupati, Rabu (20/5/20).

Untuk itu, Bupati Ismunandar menyataka atas kesepakatan tersebut maka tidak diperbolehkan melaksanakan sholat Idul Fitri secara berjamaah baik di Masjid maupun di lapangan terbuka, sholat berjamaah dilakukan di rumah masing- masing. Selain itu, masyarakat juga dilarang melakukan takbir keliling dan silahturahmi atau halal bihalal.

Selanjutnya disampaikan Ismu, kesepakatan yang diambil Pemkab Kutim juga berdasarkan hasil rapat terbatas (ratas) Presiden RI pada, Selasa (19/5/20), bahwa ditiadakannya ibadah shalat Idul Fitri berjamaah di bulan ramadhan 1441 H di masjid-masjid maupun di lapangan, cukup dilakukan dirumah saja. Kedua, mengacu pada Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB.  Ketiga surat keputusan Gubernur Kaltim. Berikut merujuk pada Fatwa MUI Kaltim pada poin 4-a. Kelima berdasarkan kajian kondisi Kutim saat ini sudah masuk zona ungu atau diatas zona merah sehingga sangat tidak memungkin untuk melaksnakan Sholat Idul Fitri seperti sebelumnya.

Ismu berharap, masyarakat bisa memahami kondisi yang ada saat ini khususnya Kutim yang sudah masuk zona ungu atau diatas zona merah.

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of