Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kutim Rawan Konflik Sengketa Lahan, OPD Di Beri Pelatihan Mediator 

Kutim Rawan Konflik Sengketa Lahan, OPD Di Beri Pelatihan Mediator 

(15 Views) September 4, 2019 6:56 pm | Published by | No comment

Sangatta – Sengketa atau konflik lahan khususnya di wilayah perkebunan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dinilai cukup tinggi, bahkan hampir terjadi di 18 Kecamatan yang ada. Dalam perjalanannya, kasus- kasus tersebut tak mudah menemui penyelesaian yang efektif dikarenakan selama ini belum ada tenaga ahli, khususnya mediator untuk melakukan mediasi antara kedua belah pihak yang sedang sengketa.

Pengalaman selama ini, apabila terjadi permasalahan rata- rata yang bersangkutan melakukan pengaduan atau laporan langsung kepada pemerintah dalam hal ini bupati, atau kepada kepolisian. inilah yang mendasari dilaksanakannya diskusi rencana pelatihan mediasi konflik sosial dan perkebunan kepada OPD Terkait.

Kabag. Pemerintahan Setkab Kutim Joko Suripto, ditemui usai memimpin Diskusi pelatihan mediasi konflik sosial dan perkebunan, Rabu (4/9/2019) mengatakan, menurut hasil rapat telah  disepakati dalam bulan ini juga akan dilaksanakan pelatihan kepada 30 orang dari sejumlah OPD terkait salah satunya dinas perkebunan, Kecamatan dan stakeholder terkait yang sering bersinggungan langsung dengan konflik perkebunan. pelatihan ini nantinya akan bersertifikat dari Mahkama Agung (MA), dan mereka- mereka inilah yang nantinya akan menangani apabila terjadi suatu konflik.

Lanjut Joko, sengketa yang ditangani pemerintah selama ini masih didominasi konflik perkebunan seperti plasma maupun lahan yang hampir merata di semua kecamatan, salah satunya di Muara Ancalong terkait plasma yang pernah dimediasi langsung oleh Bupati dan akhirnya menemui kesepakatan. kasus terbaru saat ini ada di Kecamatan Sandaran.

Kriteria untuk menjadi seorang mediator nantinya dikatakan Joko, tidak harus latar belakang SH, terpenting punya kapasitas dan kualitas yang mumpuni di bidang itu.

Voice : Normaida

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Kutim Rawan Konflik Sengketa Lahan, OPD Di Beri Pelatihan Mediator 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.