Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Lahan Kuburan Habis, KPC Hibahkan Lahan Bekas Tambang untuk Pemakaman Umum

Lahan Kuburan Habis, KPC Hibahkan Lahan Bekas Tambang untuk Pemakaman Umum

(696 Views) April 2, 2015 8:17 am | Published by | No comment

Sangatta. Penuhnya beberapa lokasi pemakaman umum baik muslim maupun non muslim, sempat membuat Pemkab Kutim khususnya Unit Pengelola Teknis (UPT) Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Timur kebingungan. Namun kini pemerintah dapat bernafas lega. Pasalnya PT Kaltim Prima Coal (KPC) memberikan hibah lahan seluas  4 hektar yang diperuntukkan bagi lokasi pemakaman umum.

Menurut Kepala UPT KPP Sangatta, Basuki Isnawan, saat ini pihaknya dengan bantuan KPC sudah melakukan land clearing lahan seluas 4 hektar yang akan digunakan sebagai lokasi pemakaman umum, di Desa Kabo Jaya. Lahan yang merupakan bekas tambang ini, dihibahkan KPC kepada pemkab Kutim setelah UPT KPP melakukan pengajuan kepada manajemen PT KPC.

Lanjutnya, lahan 4 hektar ini dibagi dua bidang, 2 hektar untuk pemakaman muslim dan 2 hektar lagi untuk pemakaman non muslim. Selain sudah dilakukan land clearing, di kedua lahan tersebut juga sudah berdiri masing-masing kantor pengelola makam. Sedangkan bagi makam muslim, pengurusannya diserahkan kepada pihak Desa Kabo Jaya. Sehingga jika ada masyarakat Sangatta yang meninggal dunia, pihak keluarga dapat langsung berurusan kepada pengurus desa kabo.

(voice)

Lebih jauh Basuki mengatakan, sembari mencari lokasi lainnya untuk perkuburan, pihaknya  akan terus melakukan lobi kepada PT KPC agar bisa kembali mendapatkan hibah lokasi bekas tambang, yang memang digunakan sebagai lokasi perkuburan. Hal ini mengingat dari 4 lokasi perkuburan muslimin yang kini ada di Sangatta termasuk perkuburan kabo, 2 diantaranya sudah hampir penuh yakni perkuburan muslimin di Gang Banjar dan di Sangatta Selatan. Sedangkan perkuburan di Gang Maja’i Sangatta Utara, sudah over load. Walaupun terkadang ada saja keluarga yang masih memaksakan menguburkan sanak familinya di pemakaman muslimin Maja’i tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments