Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Lakukan Pendampingan ODHA, Pemkab Kutim Target 2030 Bebas Tiga Zero.

Lakukan Pendampingan ODHA, Pemkab Kutim Target 2030 Bebas Tiga Zero.

(30 Views) September 20, 2019 12:55 pm | Published by | No comment

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, terus melakukan pengembangan sarana dan prasarana penanggulangan HIV/AIDS, salah satunya adalah dengan melakukan Forum Upgrading Pengetahuan Bagi Tentang Konseling VCT (Volunter Conseling Test) dan Pendampingan ODHA Se Kutai Timur, bertempat di Wisma Prima Swarga Bara, 19 September 2019.

Mewakili Bupati Kutai Timur, dalam pertemuan yang dihadiri oleh para konselor/ Tim VCT yang sudah  terlatih yang berada  di berbagai Puskesmas, RSUD, dan di RS Swasta serta Kader Pendamping ODHA. Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Paulina mengatakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan sebagai upaya Pemkab Kutim memenuhi target global 3 Zero pada tahun 2030, yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV,tidak ada orang yang meninggal terkait penyakit AIDS dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA.

Selanjutnya secara bertahap sejak tahun 2017  semua Puskesmas di 18 kecamatan, sudah dilengkapi fasilitas untuk melakukan VCT dan PITC sendiri. Sementara di RSUD Kudungga sejak tahun 2012 telah menjadi satelit untuk pemberian ARV ,Di luar itu, Pemkab Kutim juga telah mengupayakan keberadaan fasilitas VCT  di empat RS Swasta. Di dalamnya telah dipersiapkan sekitar 80 konselor HIV yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan, serta sekitar 30 pendamping dan penjangkau ODHA yang tersebar di seluruh kecamatan.

Voice : Mike Trigunawati

 

Print Friendly, PDF & Email
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

No comment for Lakukan Pendampingan ODHA, Pemkab Kutim Target 2030 Bebas Tiga Zero.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.