Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Lebih dari 50 Orang Mengidap Penyakit Kanker di Kaltim

Lebih dari 50 Orang Mengidap Penyakit Kanker di Kaltim

(528 Views) Juli 22, 2016 3:31 am | Published by | No comment

Sangatta – Semakin meningkatnya angka pengidap penyakit kanker di Kalimantan Timur, Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia cabang  Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur turun melakukan sosialisasi pencegahan terhadap penyakit kanker ke berbagai wilayah di Kalimantan Timur, Termasuk  di Kabupaten Kutai Timur.

Anika Mayang Putri  salah satu penyuluh dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia Balikpapan mengatakan tujuan sosialisasi ini sendiri adalah memberikan pemahaman tentang pencegahan kanker sehingga angka penyakit kanker di kaltim bisa menurun. Hal tersebut diungkapakan kepada awak media di Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kutai Timur, sesaat sebelum melakukan penyuluhan diruang Rapat Dishubkominfo, Kamis (21/7/16).

Anika menuturkan kebanyakan orang  tidak mengetahui sedang terkena kanker, sehingga pada saat diketahui  sudah sampai di stadium akhir. Yang akhirnya membuat  penderita kebingungan. Menurut Dia, gejala kanker tidak diketahui secara langsung, tetapi dalam jangka waktu panjang, bisa sampai lima tahun baru diketahui.

Seperti diketahui, kanker yang paling familiar di Indonesia, sendiri adalah kanker prostat, kanker rahim, kista dan kanker payudara. Anika mengatakan penyebab kanker dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, polusi udara, makanan-makanan siap saji, penyedap rasa, bumbu-bumbu instan dan bisa juga disebabkan oleh keturunan dan lainnya.

Lebih lanjut, Anika mengatakan setelah terjun ke daerah-daerah di wilayah Kaltim untuk melakukan penyuluhan kanker, ternyata pengidap penyakit kanker di Kalimantan Timur sudah banyak sekali yang belum tercover oleh datanya di Yayasan Kanker Indonesia Balikpapan. Dia mengungkapkan angka kanker di Kaltim sendiri sudah mencapai angka 50 orang dan yang paling banyak ditemukan adalah kanker kista.

Voice Anika

Lebih jauh, Anika berharap dengan sosialisasi kanker ini, masyarakat diharapakan bisa hidup lebih sehat, sadar hidup sehat dengan memperhatikan pola makannya, sehingga bisa terhindar dari kanker.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments