Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Lelang Jabatan untuk Jabatan Lowong

Lelang Jabatan untuk Jabatan Lowong

(577 Views) Februari 15, 2016 9:04 am | Published by | 1 Comment

SANGATTA – Untuk mengisi jabatan kosong seperti Kepala Dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, tidak lagi hanya dengan cara promosi, namun Badan Kepegawaian Daerah berencana melaksanakan seleksi atau lelang jabatan.

“Lelang jabatan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014, khususnya pasal 108 ayat 2, tentang cara pengisian jabatan,” kata Kabid Mutasi BKD M Yusufsyah mewakili Kepala BKD.

Berikutnya mengenai teknis pelaksanaan seleksi jabatan kepegawaian dikalangan Pegawai Negeri Sipil tentunya akan memperhatikan beberapa persyaratan. Seperti kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, latihan, rekam jejak jabatan, integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai yang ditentukan dalam aturan perundang-undangan. Dia menambahkan, untuk lelang jabatan dimaksud nanti akan dibentuk panitia seleksi (pansel). Pansel terdiri dari tokoh masyarakat, akademisi, lembaga swadaya masyarakat dan unsur pemerintah sendiri. Tidak mutlak lagi dari Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan).

Menurut Yusuf, persiapan Pansel sudah dilaksanakan dan saat ini tinggal menunggu pelaksanaan. “Dengan berlakunya UU ASN ini, maka semua jabatan yang kosong, akan dilelang. Untuk Kutim yang paling urgensi adalah jabatan Sekertaris Kabupaten, yang saat ini dijabat oleh Pelaksanan Tugas ,” sebutnya. Tidak hanya itu, tetapi juga ada beberapa jabatan Kepala Dinas yang akan dilelang tahun ini. Jabatan kepala dinas yang dilelang, merupakan jabatan yang ditinggalkan karena pimpinan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) telah memasuki usia pensiun. Contohnya seperti Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Selain itu ada pula puluhan jabatan eselon III yang akan lowong dengan alasan sama. Dijelaskan juga bahwa pegawai yang memenuhi persaratan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, latihan, rekam jejak jabatan, integritas serta persaratan lain yang dibutuhkan sesuai yang ditentukan dalam aturan perundang-undangan dapat ikut sebagai peserta lelang. Artinya sesuai UU, seleksi semua jabatan kepegawaian dibuka untuk semua PNS. Sepanjang memenuhi persaratan, PNS dapat mengikuti seleksi dan mengajukan berkas kepada Pansel.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments