Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Lembaga- Lembaga Adat Di Kutai Timur Diharapkan Untuk Menyatukan Persepsi

Lembaga- Lembaga Adat Di Kutai Timur Diharapkan Untuk Menyatukan Persepsi

(29 Views) Februari 8, 2019 4:28 pm | Published by | No comment

Sangatta – Sejumlah Paguyuban di Kutai Timur menghadiri Pelatihan Seminar adat yang dilaksankan PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dengan Adat Besar Kutai, kamis Tujuh Februari 2019 kemarin di ruang Tempudau Kantor Bupati Kutim. Kegiatan tersebut membahas tentang peranan lembaga adat dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata serta bagaimana peran masyarakat setempat. Kehadiran sejumlah paguyuban ditengah masyarakat diharapkan mampu bersinergi dengan semua stakeholder tidak hanya untuk meningkatkan pariwisata, namun terutama untuk menciptakan komunikasi yang baik antar payuguban dan menciptakan kesejahteraan dan keamanan suatu daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Adat Besar Kutai  H Abdal Nanang meminta kepada seluruh ketua – ketua adat yang ada di Kutim untuk dapat menyamakan persepsi. Oleh  karena  itu, dalam waktu dekat, Adat besar akan mengumpulkan seluruh lembaga adat untuk sama- sama membahas bagaimana kelanjutan program kedepannya, baik lembaga adat desa maupun kecamatan.

Abdal berharap, semua lembaga adat dapat bersinergi, berjuang bersama untuk membesarkan lembaga adat kedepannya. Abdal menyebut, sudah tiga tahun dan sudah tiga kali berturut- turut pula Adat Besar Kutai menyelenggarakan Pesat Adat yang sukses atas bantuan penuh pemerintah dan PT. KPC. Harapannya, kedepan pengusaha yang lain juga dapat ambil bagian, sebab diakuinya, Pesta Adat ini untuk membantu pemerintah khususnya didalam bidang pariwisata. Dengan adanya budaya atau adat pariwisata akan semakin dikenal.

Dikesempatan yang sama, GM ESD PT. KPC, Wawan Setiawan juga mengatakan, agar  Peran Adat dapat menjadi bagian penting dalam pembangunan Kutai Timur , tentunya dengan kerjasama tiga pilar yaitu, Adat Besar, pihak ketiga PT.KPC dan pemerintah yang  menjadi bagian penting

Sementara itu, bupati Kutim H Ismunandar dalam sambutannya yang diawali dengan pantun berbahasa Kutai mengatakan, lembaga Adat Besar yang ada di Kutai Timur ini tidak hanya untuk Kutai saja tetapi untuk semua lembaga Adat dapat bersatu dalam komunikasi yang baik dan hidup dalam aturan yang sudah turun temurun untuk tetap dipertahankan.Ismu menyebut, banyak yang menjadi Pekerjaan Rumah kedepannya, salah satunya bagaimana melembagakan adat ini menjadi satu komunikasi.

Voice : Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Lembaga- Lembaga Adat Di Kutai Timur Diharapkan Untuk Menyatukan Persepsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.