Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Lindungi Pekerja Honorer, BPJS Ketenagakerjaan Ajak Pemkab Kutim Kolaborasi

Lindungi Pekerja Honorer, BPJS Ketenagakerjaan Ajak Pemkab Kutim Kolaborasi

(42 Views) Desember 20, 2018 8:13 pm | Published by | No comment

Sangatta – Menyasar Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) untuk mendapatkan asuransi perlindungan dalam bekerja, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS KT), memberikan sosialisasi kepada puluhan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Hotel Victoria, Sangatta Utara, Kamis, 20 Desember.

Sosialisasi tersebut diberikan untuk memberikan pemahaman betapa pentingnya, TK2D mendapat perlindungan dalam bekerja, dengan iuran yang terjangkau, hanya enam belas ribu delapan ratus perbulannya, namun sangat bermanfaat bagi diri sendiri serta keluarganya, demikian yang disampaikan Kepala BPJS KT Cabang Bontang, Muhamad Romdhoni

Ia menjelaskan dengan ikut serta, maka TK2D memiliki asuransi, yang jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan dalam bekerja, dapat digunakan. Misalnya ada TK2D kecelakaan dalam bekerja, maka seluruh pengobatannya akan ditanggung oleh BPJS-KT, jika meninggal akan mendapat santunan hingga lima puluh enam juta rupiah, serta beasiswa sebesar dua belas juta rupiah untuk ahli waris.

Sedangkan jika meninggal tidak pada saat bekerja, maka peserta BPJS-KT masih juga mendapat santunan sebesar dua puluh empat juta rupiah, serta beasiswa dua belas juta rupiah untuk ahliwaris. Tunjangan tersebut bisa diterima langsung oleh peserta, meski baru mendaftar satu bulan, kemudian meninggal. Melihat total tunjangan tersebut, jika dihitung kasar, maka peserta seharusnya membayar iuran sekitar dua ratus tahun, untuk mengumpulkan nominal sebesar tunjangan tersebut, namun rata-rata usia manusia tidak sepanjang itu, oleh karena itu, BPJS KT sangat menguntungkan bagi pesertanya.

Romdhoni menambahkan, kecelakaan bisa saja merengut kesejahteraan, contohnya saja petani yang sudah memiliki sawah berhektar-hektar, jika terjadi kecelakaan dan tidak tercover oleh BPJS KT, maka bisa saja asset yang ada terjual untuk biaya berobat, karena BPJS Kesehatan sejauh ini, hanya menanggung biaya pengobatan penyakit yang ada dalam tubuh saja, tidak terhadap penyakit yang datang karena insiden.

Romdhoni mengakui memang pemahanan tentang BPJS KT belum diketahui halayak banyak, demikian juga dengan para kepala OPD yang sebagian justru baru mengetahuinya pada saat sosialisasi tadi.

Tahap awal, kerjasama dilaksanakan oleh BPJS KT dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta. Nantinya, Kejari Sangatta yang akan mengkoordinir OPD lainnya, untuk memfasilitasi pertemuan antara BPJS KT dengan para TK2D diseluruh OPD, untuk mendapatkan pencerahan mengenai BPJS-KT.

Romdhoni berharap, dengan pertemuan nantinya, akan membuka pemahaman para TK2D untuk tergerak mengikuti kepesertaan BPJS-KT. karena progam tersebut tidak mungkin dibebankan ke daerah, maka TK2D dihimbau untuk ikut dengan kepesertaan pribadi, dengan iuran yang dirasa tidak memberatkan.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Lindungi Pekerja Honorer, BPJS Ketenagakerjaan Ajak Pemkab Kutim Kolaborasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.