Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Mahasiswa Demo Tolak Pabrik Semen di Kutim, Wabup Kasmidi Janji Tidak Rusak Ekosistem Karst

Mahasiswa Demo Tolak Pabrik Semen di Kutim, Wabup Kasmidi Janji Tidak Rusak Ekosistem Karst

(4799 Views) Oktober 26, 2016 7:01 pm | Published by | No comment

20140901_034628_tolak-semen

Sangatta. Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kutai Timur, hari ini menggelar aksi penolakan pembangunan pabrik semen yang rencananya berdiri di kawasan pegunungan karst Sekrat yang membentang dari Kecamatan Bengalon hingga ke Kecamatan Kaliorang. Sejak pagi, aksi demo digelar di simpang 3 Jalan Yos Sudarso dan AW Syahrani atau di depan Pos Polisi Pendidikan, kemudian aksi demonstrasi ini dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian dengan alasan tidak memiliki izin.

Namun ternyata aksi ini tidak langsung bubar. Sekitar pukul 13.30 siang, ratusan mahasiswa ini mendatangi kantor Bupati Kutim dan menggelar orasi di depan pintu masuk kantor Bupati Kutim. Dalam orasinya tersebut, Aliansi Mahasiswa secara tegas menolak pembangunan pabrik semen di kawasan pengunungan karst Sekrat, yang dikhawatirkan akan merusak ekosistem yang ada di pengunungan karst tersebut. Termasuk kekhawatiran mahasiswa ini dengan akan rusaknya puluhan mata air di kawasan karst tersebut yang menjadi sumber air bagi ratusan ribu warga yang hidup di kecamatan yanga ada sepanjang bentang kawasan karst tersebut.

(Voice : Mahasiswa – Demo Semen Karst)

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, yang berkesempatan menemui massa demonstran, mengatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kutim belum mengeluarkan izin eksporasi semen di kawasan karst tersebut.

Disebutkan Kasmidi, pemerintah saat ini masih dalam tahap mengkaji sisi positif maupun negatif terkait rencana ekplorasi semen yang akan dilakukan PT Kobexindo Cement Group di kawasan karst Sekrat Bengalon – Kaliorang. Namun tentunya pemerintah Kutim tetap berkomitmen bahwa tidak hanya sekedar mencari keuntungan bagi daerah semata, akan tetapi tetap mengedepankan upaya untuk menjaga ekosistem alami yang ada di kawasan karst tersebut. Sehingga pemerintah Kutim tidak akan gegabah mengambil keputusan terkait pemberian eksploitasi semen di kawasan karst tersebut. Karena jika terjadi kerusakan di kawasan karst, bukan hanya akan merugikan daerah Kutai Timur tetapi juga merugikan dunia.

(Voice : Wabup Kasmidi – Demo Semen Karst)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments