Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Maret, Kutim Gelar Imunisasi Polio Gratis

Maret, Kutim Gelar Imunisasi Polio Gratis

(572 Views) Maret 1, 2016 12:53 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Polio dapat menimbulkan kelumpuhan atau lumpuh layu dan merupakan penyakit menular. Poliomyelitis atau penyakit polio adalah penyakit serius yang disebabkan oleh infeksi satu dari tiga jenis virus polio. Virus ini menyebar melalui kontak dengan makanan, air atau tangan yang terkontaminasi dengan kotoran (tinja) atau sekresi tenggorokan dari orang yang terinfeksi. Untuk mencegah agar penyakit ini tidak semakin berkembang, rencananya Dinas Kesehatan Diskes akan mengelar program imunisasi polio gratis. dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Kutim Maret 2016 ini. “Pelaksanaannya selama sepekan, mulai dari 8 sampai 15 Maret mendatang,” kata Kepala Diskes dr Aisyah melalui Kasi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit Hasri, belum lama ini.

Saat pelaksanaan nantinya, warga bisa mendatangi pos pelayanan yang tersedia. Seperti Puskesmas, Poskesdes, Rumah Sakit, Sekolah dan beberapa tempat lainnya yang direkomendasi Diskes. Usia yang menjadi sasaran dari imunisasi ini adalah anak berumur 0-59 bulan. Untuk tahun 2016, berdasarkan data Diskes ternyata ada sebanyak 32.734 anak berusia 0-59 bulan yang menjadi sasaran imunisasi polio di seluruh wilayah Kutim. Melihat kenyataan tersebut, maka Diskes akan menyediakan pos alternative sebagai tempat pelayanan imunisasi polio. “Nanti ada juga pos pelayanan alternative ditempat keramaian seperti pasar dan terminal,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman yang lalu, pos lain yang ditunjuk meliputi lokasi yang ramai seperti pasar. Maksudnya agar lokasi imunisasi dapat mudah menjangkau dan dijangkau warga. Sebagai komitmen Indonesia untuk Eradikasi Polio Global Tahun 2020, menurutnya perlu dilakukan berbagai strategi nasional berupa rangkaian kegiatan untuk mewujudkannya. Sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan baik dan sesuai target. Selanjutnya dibutuhkan pula dukungan baik dari lintas program maupun lintas sektoral diberbagai tingkat administrasi. Eradikasi polio global tersebut pernah disampaikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam surat edaran Rangkaian Eradikasi Polio Nasional dan Crash Program Campak Tahun 2016, Nomor : HK.03.03/D.1/II.2/954/2015, yang ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia. Terakhir Hasri berharap warga tidak ragu mendatangi pos pelayanan imunisasi polio yang tersedia di sekitar rumahnya. Jika tidak terkendala launching imunisasi polio gratis ini akan digelar di Puskesmas Kecamatan Sangatta Utara 8 Maret mendatang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments