Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Masih Ada 72 Ribu Masyarakat Kutim Belum Tercover BPJS

Masih Ada 72 Ribu Masyarakat Kutim Belum Tercover BPJS

(24 Views) Juli 24, 2020 6:12 pm | Published by | No comment

SANGATTA– Dari 422.905 jiwa penduduk di Kabupaten Kutai Timur, ternyata masih ada 72.000 jiwa yang belum tercover dalam peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dari jumlah tersebut, berasal dari semua segmen yang ada. Baik dari Pegawai Pemerintah, Swasta/Perusahaan hingga peserta mandiri. Ini akan sangat berbahaya apabila dalam kondisi saat ini ditengah pandemi Covid- 19 ada yang sakit maka akan sangat rumit. Pasalnya, belum terdaftar sebagai peserta BPJS atau tidak ada tanggungan pembiayaan. Dikatakan, karena jumlah tersebut hapir meliputi semua segmen, maka diharapkan pemerintah hingga perusahaan dapat mengakomodir mereka.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan KC Kutai Timur Ika Irawati pada sosialisasi
BPJS Kesehatan Perpres Nomor 64/2020, terkait penyesuaian iuran peserta dengan awak media.

Dari jumlah itu, lanjut Ika, jika Pemerintah daerah memiliki kemampuan keuangan pada APBD perubahan, jumlah tersebut secara bertahap bisa tercover secara keseluruhan. Dicontohkan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang seluruh masyarakatnya di daftarkan ke dalam program JKN-KIS. Setelah itu kemudian dilakukan penyisiran untuk menentukan segmen kepesertaannya.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan pula, bahwa pemerintah telah menyesuaikan besaran iuran peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Penyesuaian tersebut mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Sesuai dengan Perpres 64/2020 tersebut, per 1 Juli 2020 berlaku penyesuaian iuran peserta JKN-KIS. Untuk kelas I sebesar Rp150.000, kelas II sebesar Rp.100.000 dan kelas III sebesar Rp 42.000.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of