Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Masih Tunggu Perda OPD, Pemerintah Kutim Komposisi Ulang Struktur Jabatan di Lingkup SKPD Kutim

Masih Tunggu Perda OPD, Pemerintah Kutim Komposisi Ulang Struktur Jabatan di Lingkup SKPD Kutim

(4341 Views) September 3, 2016 11:45 am | Published by | No comment

Sangatta. Imbas dari penerapan Undang-undang (UU) 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, terjadi penarikan kewenangan dan perombakan pada struktur satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang selama ini melekat di daerah. Beberapa instansi seperti Dinas Kehutanan, Dinas Pertambangan dan Energi, serta Badan Penyuluhan Pertanian dipastikan akan hilang karena ditarik ke provinsi. Namun ada pula bermunculan beberapa instansi baru, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, serta Dinas Pemukiman dan Perumahan.

Menurut Plt Sekda Kutai Timur Irawansyah, dengan adanya peleburan beberapa instansi ini juga diiringi dengan munculnya beberapa instansi baru. Sehingga dimungkinkan komposisi personil eselon di lingkungan Pemkab Kutim yang ada saat ini tidak terlalu berpengaruh.

Namun menurutnya tidak bisa secara serta merta langsung memindahkan pegawai instansi yang ditarik ke provinsi langsung ke intansi bentukan baru. Hal ini perlu penyesuaian dengan kompetensi dan bidang keilmuan mereka. Khususnya bagi para pejabat esselonnya. Akan tetapi pemerintah Kutim juga membuka pintu selebar-lebarnya jika ada pegawai yang ingin ikut serta pindah ke provinsi. Sementara bagi yang tetap bertahan maka akan diposisikan ulang.

(Voice : Plt Sekda Irawansyah – Peleburan SKPD)

Lebih jauh dikatakan, hal ini merupakan konsekwensi dari penerapan undang-undang dan peraturan pemerintah yang baru tersebut. Termasuk hilangnya salah satu asisten di lingkungan pemerintah Kutim dan akan adanya kurang lebih 33 jabatan esselon yang akan non job atau hilang. Namun demikian, pemerintah Kutim masih dalam posisi menunggu kejelasan sekaligus pengesahan Peraturan Daerah (Perda) terkait Organisasi dan Perangkat Daerah yang hingga kini masih digodok DPRD Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments