Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Masuk Dalam Antrian Pembelian, DPRD Kabupaten Muna, Lirik Potensi Aren Genjah Kutai Timur.

Masuk Dalam Antrian Pembelian, DPRD Kabupaten Muna, Lirik Potensi Aren Genjah Kutai Timur.

(50 Views) September 13, 2019 6:40 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Sebanyak 12 Anggota DPRD serta 6 orang perwakilan dari OPD Kabupaten Muna melakukan kunjungan untuk melaksanakan studi banding Aren Genjah di Kabupaten Kutai Timur.

setelah Acara dibuka oleh Sekretaris daerah  Irawansyah  di ruang Tempudau, Kantor Bupati, Kamis september 2019, rombongan langsung bertolak ke kebun induk aren genjah yang berada di Desa Kandolo, Kecamatan Teluk Pandan, potensi komoditi unggulan aren genjah yang saat ini dikelola oleh bumdes tersebut, menarik minat rombongan DPRD Kabupaten Muna , untuk dapat serta membudidayakan di tempat asalnya.

Dihubungi RPD Kutim Kasubag Perencanaan Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur Aliamsyah Siragih mengatakan bahwa saat ini jumlah pohon induk aren genjah yang biji buahnya dapat diolah jadi bahan tanam, hanya berjumlah kurang lebih 25 pohon, hal tersebut dikarenakan adanya permintaan bahan tanam dari berbagai wilayah yang ada di Kalimantan, oleh karenanya permintaan DPRD Kabupaten Muna saat ini masih masuk dalam daftar antrian pembelian.

Voice Aliamsyah

Sebagai informasi aren genjah adalah satu dari lima komoditi unggulan yang dimiliki Kabupeten Kutai Timur, batangnya yang tidak terlalu tinggi, serta cepatnya masa panen, membuat aren genjah menjadi varietas unggulan yang ditetapkan oleh mentri pertanian pada tahun 2011 lalu.

 

Print Friendly, PDF & Email
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Categorised in:

1 Komentar for Masuk Dalam Antrian Pembelian, DPRD Kabupaten Muna, Lirik Potensi Aren Genjah Kutai Timur.

  • Aliamsah Saragih berkata:

    Penjelasan dari salah seorang anggota DPRD Kab. Muna, bahwa saat ini Kab. Muna sdh menjual bahan makanan (sagu) dari aren ke Surabaya. Masih dari penjelasannya bahwa pati dari sagu aren lebih baik dari pati sagu dari rumbia.
    Mengapa mereka tertarik dgn aren genjah Kutim karena umur 5 tahun sdh dapat produksi sagu.
    Masih menurut mereka bahwa pada saat mau muncul bunga kondisi sagu sangat banyak/optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.