Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Masuk Jalur Pelayaran Nasional, Pemerintah Kutim Kebut Penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan Sangatta

Masuk Jalur Pelayaran Nasional, Pemerintah Kutim Kebut Penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan Sangatta

(599 Views) Oktober 4, 2016 10:27 am | Published by | 2 Comments

Sangatta. Masuknya perairan Kutai Timur khususnya Sangatta dalam salah satu jalur perlintasan kapal penumpang dan kargo domestik, menjadi salah satu pemicu pemerintah Kutim untuk bisa mempercepat penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta. Bahkan pemerintah Kutim menargetkan pada bulan Mei tahun depan, Pelabuhan Kenyamukan ini sudah dapat digunakan.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang. Kepada awak media, dirinya mengungkapkan bahwa pemerintah pusat saat ini tengah membuka 3 jalur perlintasan laut. Salah satu jalur tersebut ternyata melewati perairan Kaltim dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata jalur tersebut hanya melintasi perairan Kutai Timur khususnya Sangatta. Untuk itu, sangatlah rugi jika hal ini tidak benar-benar dimanfaatkan oleh pemerintah Kutim dengan mengoperasikan Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta. Karena tentu dengan penetapan rute laut ini akan sangat memberikan dampak positif bagi Kutai Timur.

Lanjut Kasmidi, rute jalur laut tersebut adalah Surabaya, Makassar, Sangatta menuju Nunukan dan sebaliknya. Bagaikan mendapat durian runtuh, sebelum niat pemerintah Kutim mempertanyakan jalur perlintasan laut yang bisa melewati pelabuhan Kenyamukan Sangatta, pemerintah pusat telah terlebih dahulu memberitahukan adanya jalur laut tersebut. Tentunya dengan pemanfaatan jalur laut ini khususnya dengan mengoperasikan Pelabuhan Kenyamukan, selain pemerintah Kutim akan mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pemanfaatan pelabuhan kenyamukan juga tentu akan menekan harga-harga barang-barang yang biasanya selama ini dibawa melalui jalur darat, seperti semen dan bahan pokok lainnya.

(Voice : Wabup – Kebut Penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan Sangatta)

Lebih jauh Kasmidi sangat berharap, pengerjaan pelabuhan Kenyamukan Sangatta bisa segera dirampungkan. Bahkan dirinya meminta agar sebelum bulan Mei mendatang sudah dapat dirampungkan dan sudah beroperasi. Terlebih pengoperasian pelabuhan Kenyamukan hanya tinggal menunggu penyelesaian jalur penghubung sepanjang 600 meter dan anggarannya pun tersedia di Dinas PU. Tinggal bagaimana berupaya agar penyelesaian jalur tersebut bisa segera dikerjakan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments