Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Masyarakat Dihimbau Berperan Aktif, Jika Temukan Pelanggaran Pilgub Kaltim

Masyarakat Dihimbau Berperan Aktif, Jika Temukan Pelanggaran Pilgub Kaltim

(116 Views) Maret 17, 2018 8:26 am | Published by | No comment

 

Sangatta – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kutai Timur, kembali menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Kegiatan yang diselenggarakan di Golden Hotel Sangatta Utara tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan Pilgub Kaltim 2018 dan bersedia melaporkan jika ditemukan pelanggaran.

Seluruh tokoh masyarakat yang hadir diharapkan mampu memberikan informasi tentang keaktifan dalam mengawasi pilgub Kaltim. Selain itu dapat pula menjadi contoh yang baik dalam membangun kesadaran masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) Sangatta Selatan, Muslimin mengatakan dirinya sangat optimis, perihal kegiatan yang baru selesai dilaksanakannya akan membuahkan hasil baik. Baginya tamu undangan yang datang akan menjadi penyalur informasi kepada orang sekitarnya.

Lebih lanjut Muslim menambahkan, dengan mengikuti sosialisasi, peserta yang datang bertambah pengetahuannya, setidaknya mereka bisa berbagi informasi pada keluarga mereka. Harapannya mereka dapat penyambung informasi agar pemilu di sangatta selatan khususnya berjalan baik.

Tidak berbeda dengan Muslimin, pemateri dari Polsek Sangatta Utara, Iptu Slamet Riyadi juga menjelaskan jika masyarakat melihat kecurangan atau tindak pidana pilkada segera laporkan  kepada panwas. Dirinya mengatakan akan menindaklanjuti jika sudah mendapat laporan dari pihak yang terkait.

Adapun UU No 1 tahun 2015, tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak, menurut Slamet, dalam penyelenggaraannya pasti didapati kecurangan. Dia mengatakan akan komitmen terhadap Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), jika mendapati pengaduan yang masuk. Kemudian akan diupayakan untuk diinvestigasi agar dapat diselesaikan.

voice : Khusnul Khotimah

Categorised in:

No comment for Masyarakat Dihimbau Berperan Aktif, Jika Temukan Pelanggaran Pilgub Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.