Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Matangkan Proses Evakuasi Becana, BPBD Bina Relawan

Matangkan Proses Evakuasi Becana, BPBD Bina Relawan

(514 Views) Mei 14, 2015 10:24 pm | Published by | 2 Comments

SANGATTA. Sebagai upaya memudahkan mulai dari proses evakuasi, penanganan korban bencana, hingga proses pasca bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur  (Kutim) tahun ini fokus dalam melakukan pembinaan kepada Tim Reaksi Cepat (TRC) dan tenaga relawan bencana. Hal ini dilakukan untuk kesiapan peralatan penunjang pendeteksi bencana bila mana sewaktu-waktu terjadi di Kutim.

Menurut Kepala Pelaksanan BPBD Kutai Timur Zainuddin Aspan, tahun ini selain menyiapkan desa tangguh bencana yang difokuskan di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, BPBD Kutim juga segera melakukan pemasangan alat early warning sistem atau alat peringatan deteksi dini bencana di Kecamatan Telen dan Sangatta Selatan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pelatihan dan pembekalan bagi tenaga TRC dan relawan bencana BPBD Kutim.”Saat ini kita lihat bencana di Kutim kerap kali terjadi. Makanya kita lebih matangkan untuk melakukan pembinaan kepada TRC dan tenaga relawan lainnya untuk diberikan pembekalan yang cukup. Sehingga diharap nantinya sudah siap terjun kelapangan untuk menjinakkan  bencana,”ujar Kepala BPBD Zainuddin Aspan didampingi Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program Kusnandi.

Katanya juga, pemasangan alat deteksi dini bencana ini juga bertujuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan bencana terutama gempa dan tsunami. Terlebih posisi Kecamatan Sangatta Selatan yang sebagian berada dipinggir laut lepas. Walaupun diakuinya, dominan musibah atau bencana alam yang terjadi di Kutim adalah banjir.

”Memang di Kutim didominasi bencana banjir, tetapi tidak ada salahnya kita melangkah kedepan untuk mengantisipasi musibah yang lebih besar. Seperti halnya gempa maupun tsunami. Sedia payung sebelum hujan,”katanya.
Sementara itu, pembekalan dan pelatihan Tim TRC dan Relawan bencana, lebih difokuskan pada pelatihan penanganan bencana di laut lepas. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan musibah atau kecelakaan di perairan, yang mana Kutim memiliki luasan perairan baik sungai maupun laut yang cukup luas dengan aktivitas pelayaran terutama nelayan yang cukup tinggi.

“Pelatihan Tim TRC dan Relawan ini dijadwalkan akan bekerjasama dengan BNPB Provinsi Kaltim dan BPBD Kutai Kartanegara, dengan anggaran yang dibebankan kepada APBD Kutim dan APBD Kaltim,”katanya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments