Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Melalui Program Pemberdayaan Kambing / Tahun ini Baznas Kutim Targetkan 28.000 ekor Populasi Kambing di Kutim

Melalui Program Pemberdayaan Kambing / Tahun ini Baznas Kutim Targetkan 28.000 ekor Populasi Kambing di Kutim

(451 Views) Maret 13, 2016 10:14 pm | Published by | No comment

Sangatta. Upaya mengubah pola hidup masyarakat dari konsumtif menjadi produktif, ternyata tak hanya dilakukan oleh Pemerintah, namun juga Badan Zakat Nasional (Baznas). Saat ini, Baznas Kutai Timur tengah menggalakkan program pemberdayaan mustahik melalui pengembangbiakan kambing. Melalui program inilah menjadi salah satu poin unggulan Baznas Kutai Timur sehingga berhasil mendapatkan penghargaan berupa Zakat Award 2015 yang diberikan oleh Kementrian Agama RI.

Menurut Ketua Baznas Kutai Timur Idrus Yunus, melalui program pemberdayaan masyarakat yakni pengembangbiakan kambing di 141 desa di Kutim, setiap desa akan mendapatkan alokasi 50 ekor kambing atau setiap kelompok tani akan mendapatkan 5 ekor kambing dengan 4 ekor betina dan 1 ekor pejantan. Dengan demikian maka ada target penyebaran 7.000 ekor kambing hingga akhir tahun ini. Jika berasumsi setiap ekor betina dalam setahunnya akan melahirkan  4 ekor anakan maka pada akhir tahun ini diperkirakan sudah ada 28.000 ekor populasi kambing di Kutim. Sementara itu, dalam 2 bulan terakhir sudah ada 800 ekor kambing yang disalurkan ke kelompok tani di beberapa desa di Kutim dan akan dituntaskan hingga akhir tahun. Sedangkan perjanjian kerjasama Baznas dengan Kelompok tani berlangsung selama 3 tahun pengembangbiakan kambing. Maka bisa dibayangkan berapa nantinya jumlah populasi kambing yang ada di Kutim melalui hasil program pemberdayaan kambing ini.

Lanjut Idrus, diakui oleh Baznas Pusat bahwa program pemberdayaan kambing ini merupakan hal pertama di Kaltim dan baru dilakukan oleh Baznas Kutai Timur. Program ini pun kini sudah menjadi program percontohan di Kaltim. Sementara memang Baznas Kutim menargetkan Kabupaten Kutai Timur mampu menjadi sentra kambing dalam lima tahun mendatang.

(Voice : Baznas Idrus – Program Kambing)

Lebih jauh dikatakan Idrus Yunus, Baznas kutim juga tidak berlepas dari program zakat Community Development (ZCD). Tahun 2016 ini, Desa Sidomulyo Kecamatan Kongbeng telah ditetapkan Baznas Kutim menjadi desa binaan khusus program ZCD.  Selain itu, Baznas Kutim juga terus mengembangkan program Kutim Peduli, Kutim Sejahtera, Kutim Sehat dan Kutim Takwa. Dengan adanya upaya pemberdayaan masyarakat khususnya para mustahik maka diharapkan kedepan masyarakat miskin di Kutai Timur semakin berkurang dan para mustahik yang biasanya sebagai penerima zakat, akan berubah sebagai muzakki atau pemberi zakat. Hal ini pun akan seiring dengan program pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments