Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Menjelang Bulan Ramadhan, Bupati Minta Disperindag Pantau Harga dan Stok Bahan Pokok

Menjelang Bulan Ramadhan, Bupati Minta Disperindag Pantau Harga dan Stok Bahan Pokok

(367 Views) Mei 16, 2016 8:54 am | Published by | No comment

Sangatta – Menjelang bulan ramadhan harga harga bahan pokok biasa mulai mengalami kenaikan harga, untuk itu Bupati Kutai Timur Ismunandar meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Timur untuk memantau harga dan stok  bahan pokok melalui operasi pasar. Hal tersebut disampaikan Ismunandar dalam coffee morning yang dipimpinnya  padi tadi, Senin (16/5) diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi.

Berkaitan denga hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Timur Irawansyah mengatakan kebutuhan barang menjelang suci Ramadhan, pihaknya selalu melakukan monitoring terutama yang berkenaan dengan stok barang melalui para distributor dan agen, dan dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan para distributor dan agen yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Selain itu operasi pasar atau pasar murah menjelang bulan puasa juga akan dilakukan Disperindag dalam waktu dekat ini, empat (4) Kecamatan yakni di Kecamatan Kaubun yang rencananya akan dilaksanakan pada Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  pada Kamis, 26 Mei 2016, selanjutnya pada Jum’at tanggal 27 Mei 2016 akan dilaksanakan di Kecamatan Karangan, setelah itu akan diterus di dua Kecamatan lainnya yakni di Kecamatan Long Mesangat dan Rantau Pulung.

Kemudian yang berkaitan dengan Operasi Pasar yang tidak kalah penting dikatakan Irawansyah, menjelang bulan ramadhan pihanya juga akan melakukan operasi barang yang kadaluarsa dan kegiatan ini biasanya dilaksanakan menjelang bulan puasa. Karena biasanya menjelang bulan ramadhan, untuk menghabiskan barang-barangnya ada saja pedagang nakal yang masih saja menjual barang kadaluarsa melalui tokoh-tokoh yang ada di Kota Sangatta. Selain itu juga akan dilaksanakan operasi terhadap minuman berakohol khusus ditempat-tempat hiburan malam yang tidak memiliki izin menjual minuman beralkohol.

Voice Kadis Perindag Irawansyah_Operasi Pasar

Sementara itu Kepala UTPD Pasar Induk Pasombaran mengatakan berdasarkan pengamatan pihaknya dan data yang di dapatkan di Pasar Induk sangatta belum terjadi kenaikan harga  dan biasanya kenaikan harga terjadi tiga (3) sebelum ramadhan. Diakuinya walaupun dipasar ada beberapa komoditi yang harganya fluktuatif bisa saja terjadi karena suplai distributor belum sampai dipasar Induk Sangatta sehingga terjadi perunahan harga dalam beberapa hari tetapi masih normal. Untuk komoditi-komoditi seperti sayur bawang tapi masih  wajar.

Voice Pasombaran_ Harga belum ada kenaikan harga

Lebih lanjut Pasombaran menambahkan, terkait dengan masalah stok bahan makanan, pihaknya langsung melakukan tatap muka dengan para pedagang melalui sosialisasi penertiban pasar, setiap bulan rajin menertibkan pedagang. Dilaporkan untuk semantara stok bahan pokok di Pasar Induk masih aman

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments