Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » MENUNGGU PROSES PEMEKARAN KUTAI UTARA

MENUNGGU PROSES PEMEKARAN KUTAI UTARA

(593 Views) November 4, 2015 7:12 am | Published by | No comment

SANGATTA-Rentan kendali pelayanan publik sangat jauh dan pemerataan pembangunan menjadi alasan untuk terbentuknya pemerakaran daerah Kabupaten Kutai Utara. 8 Kecamatan yang akan tergabung dalam Kabupaten Kutai Utara antara lain Kecamatan Muara Wahau, Kecamatan Kongbeng, Kecamatan Telen,Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Longmasangat, Kecamatan Busang, Kecamatan Muara calong dan Kecamtran Muara Bengkal.

Saat ini proses pemekaran Kabupten Kutai Utara sudah berlangsung di tingkat provinsi dan sedang diproses di Pusat, dari segi persyaratan dan teknis sudah tidak ada masalah. Proses pemekaran ini sudah berlangsung selama 10 Tahun sejak rekomendasi Mahyudin pada saat menjabat Bupati tahun 2005, kemdian dibentuk Panitia Khusus (Pansus) pada 2007, 2009 Paripurna dan baru mendapatkan SK persetujuan Bupati pada Juli 2015 masa jabatan Ardiyansyah Sulaiman.

Tim Pemekaran Kutai Utara berusaha agar kutai utara masuk dalam Daerah Otonomi Baru (DOB) bukan daerah persiapan. Daerah Otonomi Baru, langsung berdiri sendiri, diundang-undangkan, memiliki DPRD dan perangkat daerah sendiri, sedangkan daerah persiapan diberikan batas waktu 3 tahun, hanya ditunjuk pejabat bupati dan bila dalam waktu 3 tahun tidak dianggap layak maka akan dikembalikan ke induk atau ke Kabupaten Kutai Timur.

Menurut Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Kutai Utara, Majedi efendi, Kabupaten Kutai Utara adalah kebutuhan, jarak pelayanan publik ke sangatta jauh, infrastuktur banyak jauh tertinggal, termasuk faktor sosial budaya masyarakatnya, dengan adanya Kabupaten Kutai Utara masyarakat akan lebih sejahtera.Khs

Voice

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments