Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Merasa Kurang Diminati, Perpustakaan Kutim Bangun Pojok Baca Bareng FKPD

Merasa Kurang Diminati, Perpustakaan Kutim Bangun Pojok Baca Bareng FKPD

(45 Views) Januari 15, 2020 8:31 pm | Published by | No comment

Sangatta – Menyadari minimnya pengunjung, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kutai Timur bangun pojok baca dengan sejumlah stakeholder di Kutim. Jarak dari perkotaan ke perpustakaan yang harus menempuh perjalanan sekira 5-10 kilo meter disinyalir menjadi pemicu minimnya minat baca di Kutim.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan, Suriansyah mengatakan minimnya minat baca tersebut membuat pihaknya harus memutar otak, agar literasi di seluruh kecamatan bisa berjalan. Untuk itu, Perpusda Kutim sampai saat ini sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah FKPD seperti Polres dan Pengadilan Negeri Sangatta untuk membuat pojok baca yang dirasa bisa menjadi salah satu alternative Sebab upaya lain seperti membuat perpustakaan di desa-desa yang pernah digalakkan pemerintah, tidak sepenuhnya berjalan lancar.Tak hanya dalam kota, empat UPT Perpustakaan yang tersebar di empat kecamatan se Kutim juga sepi pengunjung. Padahal, dengan zona tersebut diharapkan mampu melayani kecamatan terdekatnya. Setiap harinya, kunjungan masyarakat ke Perpusda tidak mencapai 10 orang.  Demikian Kadis Perpusda Kutim  Suriansyah, saat berbincang dengan RPD Kutim, (15/1/20) di kantornya.

Sementara itu sistem digitalisasi yang juga belum mampu diterapkan menjadi PR yang harus diselesaikan. Bahkan, menurutnya adanya alat digital yang dimiliki saat ini pun belum bisa terpasang karena terkendala website. Selain FKPD, pihaknya juga berencana akan mengajak sekolah- sekolah di Kutim untuk berwisata edukasi digital.

Terakhir dijelaskan Suriansyah, buku yang  juga masih stok lama untuk itu pihaknya mengupayakan agar kedepan buku yang disuguhkan agar lebih fres sesuai dengan kebutuhan dan usia.

Voice Normaida

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of