Menu Click to open Menus
Home » Acara » Merubah Mindset Pedagang Jadi Pengusaha, KPC Berkolaborasi Dengan TDA

Merubah Mindset Pedagang Jadi Pengusaha, KPC Berkolaborasi Dengan TDA

(45 Views) Februari 8, 2019 10:32 pm | Published by | No comment

Sangatta – Berkolaborasi dengan Komunitas Tangan Di Atas (TDA), PT. Kaltim Prima Coal (KPC) memberikan pelatihan kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), untuk merubah pola pikir pedagang agar menjadi pengusaha.

Dalam kegiatan Inagurasi UKM Tangguh, yang dilaksanakan di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutai TImur, Rabu, 6 Februari, Manager Community Empowerman PT. KPC, Yuliana Datubua menyampaikan, pelatihan yang terlaksana atas kerjasama dengan TDA diberikan kepada pelaku UKM di empat kecamatan, wilayah ring satu PT. KPC. Tujuannya, agar menambah omset pengusaha sekala kecil, jaringan pasar, meningkatkan kapasitas daya saing, serta menciptakan kemandirian perekonomian non tambang.

Presiden Komunitas TDA, Bimo Prasetio yang hadir dikegiatan yang sama juga menyampaikan hal serupa, menurutnya, TDA bertujuan mencetak UKM-UKM tangguh, yang akan menjadikan tonggak peradaban perekonomian dan merubah pola pikir, yang tadinya hanya sekedar berdagang, dirubah menjadi pengusaha.

Bimo menambahkan, Ia memiliki keyakinan besar terhadap para peserta UKM Tangguh, untuk terus memperbaiki bisnisnya, agar terus tumbuh dan berkembang, karena yang sebelumnya hanya tahu tentang omset tanpa mengetahui profit dari usahanya, namun setelah mendapat pelatihan UKM tangguh, akhirnya para peserta mengetahui Value dalam bisnis. Manfaat dari pelatihan, bukan hanya sekedar bagaimana menjual produk, namun tentang mencari solusi dalam bisnis yang sedang dijalankan. Dalam hal tersebut, TDA sebagai pendamping, memberikan pelatihan kepada tiga puluh UKM tangguh di Kutai Timur, selama kurang lebih lima Bulan sejak Agustus hingga Desember tahuh lalu.

Dukungan juga diberikan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkan Kutim) melalui Dinas Koperasi, yakni pemberian modal usaha tanpa bunga, yang dikucurkan melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kutai Timur dan Bankaltimtara. Pinjaman (KUR) diberikan kepada lima orang peserta UKM Tangguh dan dua Orang Pendamping TDA.

Program pelatihan tersebut, ditutup dengan Inagurasi tiga puluh Peserta UKM Tangguh yang dinyatakan lulus dalam program tahap pertama, yang disebut sebagai UKM Tangguh angkatan satu.  Selanjutnya, program tersebut diharapkan dapat menjadi program pendampingan ekonomi yang berkelanjutan terutama diwilayah Kutai Timur.

Voice : Mike Trigunawati

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Merubah Mindset Pedagang Jadi Pengusaha, KPC Berkolaborasi Dengan TDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.