Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Minim Pedagang, Disperindag Kutim Kaji Ulang Pasar Sangatta Selatan

Minim Pedagang, Disperindag Kutim Kaji Ulang Pasar Sangatta Selatan

(466 Views) Maret 21, 2016 9:50 am | Published by | No comment

Sangatta. Sejak diresmikan setahun lalu, ternyata kondisi pasar kecamatan Sangatta Selatan hingga kini masih sepi dari para pedagang yang seharusnya menempati kios-kios yang tersedia. Pasalnya dari 300 kios yang sudah disediakan, kini hanya ditempati sekitar 50 orang pedang. Sementara sisanya masih memilih berjualan di lokasi pasar yang lama dan di sepanjang badan jalan pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur Irawansyah, tak menampik kondisi yang terjadi di pasar Sangatta Selatan ini. Dirinya mengatakan akan mengkaji ulang dan segera meminta arahan Bupati Kutai Timur Ismunandar, apakah Pasar Sangatta Selatan tersebut tetap akan dilanjutkan atau tidak. Jika tetap dilanjutkan maka hal yang pertama akan dilakukan adalah membuat lokasi parkir untuk bangunan pasar Sangatta Selatan itu. Pasalnya, sejak diresmikan hingga saat ini bangunan Pasar Sangatta Sangatta Selatan tidak memilik areal parkir.

Otomatis pembeli yang masih di dominasi masyarakat dari Sangatta Utara ini enggan untuk datang dan berbelanja di pasar tersebut dan kembali memilih berbelanja di lokasi pasar yang lama karena jaraknya lebih dekat dengan arel parkir kendaraan mereka di seberang sungai Sangatta. Sementara terkait ratusan pedagang yang masih berjualan di badan jalan, Irawan mengatakan tentu akan dilakukan penertiban. Penertiban akan kembali melibatkan anggota Satpol PP dan Polsek Sangatta,  untuk kembali merelokasi para pedagang agar berjualan di bangunan pasar yang telah disediakan. Namun tentunya upaya penertiban ini menunggu rampungnya pembuatan areal parkir pasar.

     (voice : Disperindag Irawansyah – Pasar Sangatta Selatan)

Sebagaimana penah diwartakan, upaya Pemerintah Kutim untuk merelokasi para pedagang yang menempati bangunan lama pasar Sangatta Selatan ke bangunan baru Pasar Sangatta Selatan cukup kerepotan. Mulai dari adanya isu jual beli kios dan lapak oleh sejumlah oknum, hingga belum tersedianya fasilitas listrik, air bersih hingga areal parkir, mewarnai proses relokasi pedagang. Sementara itu, hingga kini aktivitas jula beli masih dilakukan di bangunan lama pasar Sangatta Selatan.

Para pedagang beralasan, di lokasi pasar yang lama dagangan mereka lebih laku dari pada berjualan di lokasi pasar yang baru. Terlebih  jaraknya yang cukup dekat dengan sungai Sangatta, sehingga membuat pembeli yang datang tidak perlu jalan terlalu jauh jika harus dibandingkan mendatangi area bangunan Pasar Sangatta Selatan yang baru.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments