Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Muara Bengkal banjir, Akses Ngayau Lumpuh

Muara Bengkal banjir, Akses Ngayau Lumpuh

(2366 Views) Mei 1, 2017 3:36 pm | Published by | 98 Comments

Sangatta – Banjir yang melanda hampir keseluruhan desa di Kecamatan Muara Bengkal mengakibatkan lumpuhnya akses transportasi ke Desa Ngayau. Desa yang memiliki daerah lebih rendah dari desa lain tersebut dilaporkan digenangi air setinggi satu meter. Banjir dikarenakan guyuran hujan deras pada Jum’at, 28 April, mengakibatkan luapan sungai yang merendam keseluruhan desa. Karena banjir tersebut hampir keseluruhan aktifitas warga terganggu.

Menurut Kepala Desa Ngayau, Aming mengatakan, ketinggian banjir kurang lebih satu meter di jalan raya, sehingga tidak dapat dilewati, untuk melintasi jalan bahkan warga memilih menggunakan perahu. Sedangkan ketinggian air sampai dengan Minggu, 30 April masih belum surut, bahkan diprediksi masih akan naik dikarenakan curah hujan masih turun.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk bahan pokok sudah mulai susah ditemukan termasuk persediaan tabung gas elpiji, hal tersebut dikarenakan putusnya jalan sehingga kendaraan tidak dapat melintas. Sementara bantuan sampai dengan saat ini masih belum turun, baik dari BPBD maupun pihak Kecamatan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang ditemui dalam kegiatan penanaman pohon di RSUD Kudungga, Kecamatan Sangatta Utara, Senin, 1 Mei, mengatakan Camat dan Dinas Sosial sudah diinstruksikan untuk mendata jumlah rumah dan jumlah penduduk yang terdampak banjir. Dalam waktu dekat, satu dua hari kedepan akan segera didistribusikan bantuan. Dirinya mengatakan, bantuan akan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai yang didistribusikan bukan bantuan yang dibutuhkan ataupun yang didistribusikan tidak sesuai dengan banyaknya kebutuhan atau jumlahnya kurang.

Insert Voice Wabup, Kasmidi Bulang

Banjir di Kecamatan yang terletak di Hulu, seperti Kecamatan Muara Bengkal merupakan dampak dari bagian aliran sungai Mahakam, sehingga banjir akan menjadi bagian rutinitas yang dialami masyarakat setiap tahunnya di kecamatan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

98 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments