Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Musrenbang Bangun Komunikasi Efektif

Musrenbang Bangun Komunikasi Efektif

(5103 Views) Maret 1, 2016 12:50 pm | Published by | No comment

SANGATTA- Persoalan-persoalan dasar seperti air bersih ,listrik dan infrastruktur sudah bisa diatasi sejak dini, jika saja komunikasi di antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder bisa dibangun secara periodik dan intensif. Hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar saat menghadiri musyawarah rencana pembangunan kecamatan (musrenbangcam) Kaliorang belum lama ini.

“(Untuk itu) Kita akan membangun komunikasi secara periodik dan intensif baik secara formal maupun informal dengan seluruh pihak termasuk stakeholder yang ada di kecamatan Kaliorang. Hal ini tentu bisa mendeteksi lebih dini persoalan-persoalan dasar yang ada di tengah warga, apakah air bersih, listrik dan jalan penghubung antar desa,”ujar Ismunandar dihadapan warga dan beberapa anggota legislatif serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kutim yang juga hadir waktu itu. Dengan komunikasi yang baik, menurut Ismu tidak aka nada persoalan yang tidak bisa diatasi atau tanpa solusi. Bupati menegaskan komunikasi yang baik demi kemajuan pembangunan dapat diwujudkan melalui berbagai cara. Seperti pertemuan informal semacam rembug desa atau kampung. Dapat digelar setiap tiga bulan sekali untuk membahas persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. Baik itu masalah irigasi, peningkatan kualitas tanaman pangan, pengelolaan air bersih, listrik dan jalan tani. “Jadi hal-hal yang prioritas, kebutuhan warga bisa segera ada solusinya,” tambah Ismu.
bpt musrenbang kaliorangg
Musrenbang kecamatan yang digelar waktu itu juga menghadirkan Ketua RT dan Kepala Desa. Tujuannya untuk menjaring masukan dan usulan yang benar-benar prioritas kebutuhan warga setempat. Nantinya usulan dimaksud diteruskan dalam rapat SKPD tingkat kabupaten. Untuk kemudian diusulkan dalam Musrenbang kabupaten. Hal tersebut sesuai dengan mekanisme penganggaran dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Untuk mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi aktif dalam menyusun perencanaan sejak awal. Kebijakan Bupati yang meluangkan waktu untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat dikecamatan ini mendapat apresiasi dari warga. Hal tersebut terlihat dari banyaknya masyarakat Kaliorang yang hadir hari itu. Ismu berharap semua usulan dari masyarakat dapat menjadi langkah awal dari “deas membangun” sehingga menjadi lebih mandiri dan memajukan Kabupaten Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments